Pentingnya Merawat Gigi Anda Sejak Dini Mungkin

FASTER86.COM - Pentingnya Merawat Gigi Anda Sejak Dini Mungkin Gigi adalah salah satu ornamen penting dalam tubuh manusia, karena dengan adanya gigi, wajah seseorang akan terlihat lebih indah dan lebih menarik. Bayangkan bagaimana rasanya jika anda tak memiliki satu pun gigi ? Pasti anda akan tertaw sendiri bukan. Gigi selain berfungsi untuk membuat kita makin indah, fungsi utama gigi adalah untuk menghancurkan bahan makanan yang akan masuk ke organ kita, tanpa dicerna oleh gigi, maka kinerja dari lambung akan berat dan bisa membuat kerusakan pada lambung kita. Tentu kita sudah faham semua, bahwa gigi ini adalah unsur  yang kadang kurang kita perhatikan kesehatanya.

Orang cenderung lebih memilih perawatan badan, kulit ataupun rambut, memang wajar, ini karena gigi adalah organ yang jarang terlihat, tetapi sekali terlihat anda bisa malu sendiri. Gigi yang kurang bersih akan membuat tampilan yang anda yang sebelumnya sempurna menjadi kurang ngeh. Selain itu, gigi ini pula organ yang harus kita jaga dengan benar, kenapa ? Karena bau mulut yang tak sedap ini kerap pula disebabkan oleh gigi yang kurang bersih dan kurang dalam perawatan.

Nah kali ini admin akan berbagi tips tentang bagaimana merawat gigi yang baik. Mengapa admin mengambil topik ini, ini tak lain dan tak bukan karena pengalaman admin sendiri, dimana admin harus merasakan malu yang sangat. Apa pasal ? Ini karena gigi admin yang bagian depan lepas, karena sudah korosi, jadi deh admin malu. Setelah kejadian tersebut, admin langsung ke dokter gigi, tanya tanya kira kira berapa biaya mengganti satu buah gigi yang patah. Oh ternyata,,,,,,,,sangat mahal sob,,,, satu buah gigi harganya 1 juta. Bayangkan berapa jumlah gigi anda ? 32, bayangkan, jika kita harus membayar, berapa puluh juta kita keluarkan untuk membeli gigi. Memang orang akan merasakan nikmatnya bersyukur kalau sudah merasakan kesedihan.

Lanjut, setelah berdiskusi, akhirnya deal dengan bu dokter, saya memutuskan untuk mengganti gigi yang patah tadi dengan cara mengganti dengan gigi buatan. Ada beberapa jenis gigi yang bisa digunakan, mulai dari yang 1 juta hingga puluhan juta. Untuk yang 1 juta, prosesnya adalah mencabut akar gigi yang sudah patah tadi, dan perlu kamu ketahui, berapa bisaya melepas 1 buah gigi tersebut ? Cukup mahal, 200 ribu,,, Ya apa mau boleh buat, demi penampilan admin yang kece,,,hihihi


Pertama takut juga, tetapi berkat suntikan moral dari bu dokter, akhirya admin dihadapkan pada meja operasi, operasi pengangkatan tonggak gigi yang patah tadi. Segala cara dilakukan, akhirnya  1 jam kemudia gigi sudah tercabut, dan perlu kamu ketahui, tidak sakit lho.

Setalah selsesai, 5 hari sambil nunggu luka kering, gigi palsu pun dicetak, dan selang tiga hari kemudian dipasang gigi palsu tersebut, dan wow admin jadi tambah pede sekarang. O ya, itu tadi sedikit intermezzo tentang bagaimana proses pencabutan gigi tersebut. Selain itu, saya disini akan sedikit berbagi tentang pentingnya merawat gigi sejak usia dini.

Apa saja hal yang perlu diperhatikan buat ibu atau bapak muda ? Mengapa saya khususkan pada bapak dan ibu muda, ini karena perlu diketahui, gigi anak yang baik itu awalnya adalah dari ibu dan bapak yang peduli terhadap kesehatan gigi si anak. Berikut beberapa cara perawatan gigi pada anak saat masih di dalam kandungan "

1. Konsumsi makanan yang mengandung zat kapur
Ketika hamil, usahakan anda makan makanan yang banyak mengandung zat kapur, apa saja bahan makanan yang banyak mengandung zat kapuur tersebut ? Sayuran, buah buahan dan susu ibu hamil. Usahakan rutin dalam memberi asupan gizi pada si jabang bayi tersebut. Selain bagus untuk gigi, zat kapur juga bagus untuk tulang.


2. Kurangi makanan atau minuman yang banyak mengandung zat gula

Saat mengandung, seorang ibu pasti akan suka jika diberikan makanan yang manis dan dingin. Semisal minum es teh, es jeruk atau apa saja yang terlalu mengandung pemanis. Zat gula sih baik untuk ibu mengandung, tetapi alangkah baiknya jika perlu pembatasan dan penagwasan.

Dua ulasan diatas adalah mengenai persiapan pra bayi lahir, atau saat masih di dalam kandungan. Lalu bagaimana cara merawat gigi anak saat sudah lahir, berikut ulasanya :
  1. Gosok gigi anak dengan sikat yang lembut setiap pagi dan mau tidur
  2. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan
  3. Periksa ke dokter gigi setidaknya 3 bulan sekali
Nah lalu bagaimana perawatan gigi untuk remaja ? Untuk remaja ini perlu diperhatikan beberapa hal, berikut hal apa saja yang harus diperhatikan bagi kaum muda tentang pentingnya gigi :
  1. Jangan makan makanan yang terlalu dingin
  2. Jangan makan makanan yang terlalu panas
  3. Jangan merokok, karena membuat gigi jadi kotor
  4. Sikatlah gigi minimal dua kali, dan sebelum tidur
  5. Pakailah sikat gigi yang soft
  6. Periksa ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali
Nah ada beberapa manfaat dari perawatn gigi sejak dini ini, berikut beberapa diantara manfaatnya :
  1. Gigi jadi lebih sehat
  2. Nafas jadi harum
  3. Jika ada kerusakan pada gigi kita, kita bisa tahu lebih cepat, dan bisa dilakukan penanganan yang lebih cepat
  4. Gigi jarang sakit
Nah kira kira begitulah manfaat dari perawatan gigi sejak dini, ini mengapa perlu sekali digalakkan pentingnya merawat gigi dan gusi itu. Dengan merawat sejak dini, maka anda akan memiliki gigi yang sehat.
Tag : Kesehatan
Back To Top