Penanganan Pada Gigi Bungsu Yang Tumbuh Tidak Normal

FASTER86.COM - Penanganan Pada Gigi Bungsu Yang Tumbuh Tidak Normal Pertumbuhan gigi antara orang yang satu dengan orang yang satunya pasti berbeda, ada yang normal dan ada yang kurang normal, ada yang rapi dan ada pula yang kurang rapi. Normal disini adalah gigi yang tumbuh dengan jumlah normal, dan tumbuh pada usia normal dan di tempat normal pula, sedangkan gigi yang kurang normal tumbuh di tempat yang tak semsetinya, pada usia yang tidak pas dan memiliki jumlah gigi yang tidak pas pula. Jumlah gigi normal pada manusia adalah 32, sedangkan pada gigi tidak normal bisa berlainan antara satu dan lainya.

Dan beruntung pula bagi anda yang memiliki gigi rapi, serta memiliki jumlah yang normal dan tumbuh di tempat yang normal pula. Ada satu kasus, dimana ada orang dewasa yang gigi belakang atau gigi bungsunya belum tumbuh, dan ketika tumbuh maka menyisakan sakit yang sangat. Apa anda juga pernah mengalami sakit gigi karena tumbuhnya gigi bungsu ini ? Bagaimana rasanya ? Sangat menyiksa bukan..


Nah Gigi Bungsu adalah gigi geraham yang paling terakhir tumbunhya, dan posisinya adalah paling belakang. Gigi Bungsu geraham ini akan tumbuh pada manusia pada usia antara 18 - 20 tahun, namun tak jarang gigi geraham bungsu ini tumbuh pada manusia antara usia 18 - 35 tahun. Dan hal yang kadang menyiksa adalah, tumbuhnya gigi bungsu ini tidak sesuai dengan tempatnya. Maksudnya bagaimana ? Maksudnya adalah gigi bungsu tumbuh pada bagian belakang, dan gigi ini menabrak gigi yang lain. Menabraknya gigi yang terakhir ini membuat seluruh rongga mulut jadi super sekali sakitnya, bahkan tak jarang ada yang sampai bengkak.

Wow sangat menyakitkan tentu, namun seiring canggihnya dunia kedokteran, tumbuhnya gigi geraham yang terakhir ini bisa kita arahkan. Memang bagaimana cara mengarahkan gigi terakhir ini ? Caranya adalah kita bawa ke dokter gigi, nah disana nanti akan dianalisa nanti dimana tumbuhnya gigi ini. 

Ok kali ini kita akan membahas bagaimana penanganan pada gigi bungsu yang tumbuh tidak normal. Ada banyak penananganan untuk kasus ini, berikut beberapa penanganan pada tumbuhnya gigi geraham bungsu yang tidak normal :

1. Minum Obat Nyeri / Atau penahan rasa sakit
Jika anda mengalami sakit gigi karena tumbuhnya gigi geraham yang tak ormal, maka salah satu untuk menghilangkan sakit nyerinya adalah meminum obat penghilang rasa sakit, anda bisa membeli kataflam, atau obat gigi di apotek terdekat. Jika masih mengalami kesakitan yang tak kunjung henti, maka segeralah bawa ke dokter gigi terdekat.

2. Pencabutan gigi bungsu
Ini adalah langkah terakhir andaikata kita masih mengalami sakit beberapa hari, dengan bengkak yang tak kunjung hilang. Mengapa langkah pencabutan inidiperlukan ? Ini tak lain dan ta bukan agar anda menjadi nyaman. Dalam melakukan langkah pencabutan ini, dokter gigi memerlukan penelitaian tentang gigi anda, mulai dari pengecekan bagian gigi bungsu ini dengan menggunakan sinar x dan menganalisa beberapa kemungkinan. Kemungkinan kemungkina disini sangat bervariasi, saya beri contoh, misal dengan operasi kecil di bagian gusi belakng bisa membuat sembuh, maka langkah pencabutan tak diperlukan.
Jika memang hanya dengan mencabut dapat mengatasi semua, maka dokter gigi akan melakukan pencabutan gigi bungsu geraham ini. Langkah pencabutan pun dilakukan dengan menganalis berbagi kemungkinan, dan melihat serta mempelajari terlebih dahulu struktur gigi yang akan dicabut. Mulai mengecek syaraf syarafnya. dan percayalah, pencabutan gigi oleh dokter itu sangat aman dan nyaman, anda tak merasakan sakit sedikit pun.

Nah dua hal tersebut kira kira yang bisa saya gambarkan terhadap tumbuhnya gigi bungsu geraham ini. O ya, saya sedikt sarankan, buat anda untuk jangan takut kepada dokter gigi, kunjungilah mereka 6 bulan sekali, nanti anda akan dijelaskan mengenai manfaatnya, dan analisa tentang kesehatan gigi anda. Jangan takut ke dokter gigi ya...
Tag : Kesehatan
Back To Top