5 Tips Aman Berkendara di Jalan Umum Yang Perlu Anda Perhatikan

FASTER86.COM - 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Umum Yang Perlu Anda Perhatikan Berkendara adalah sebuah hal yang pasti akan kita lakukan setiap hari, baik itu yang menggunakan alat atau kendaraan, baik itu motor, mobil ataupun sepeda. Seiring banyaknya kendaraan yang diproduksi, mengakibatkan masalah baru, misal Polusi yang berlebihan, kemacetan yang luar biasa dan pertumbuhan kendaraan ini jika tidak kita imbangi dengan prasarana yang memadai akan mengakibatkan kecelakaan. Semua orang pasti tidak menginginkan hal terakhir yang saya sebutkan. Nah kali ini kita akan berbicara mengenai apa saja tips bagi kita berkendara yang aman tersebut.

Berkendara di jalan umum, selain kita perlu tahu aturan, kita juga harus tahu apa saja yang perlu kita perhatikan di jalan umum tersebut, jangan sampai kita berurusan dengan orang lain karena kelakuan kita yang tak sopan di jalanan. Ada beberapa tips dalam berkendara di jalanan tersebut, berikut 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Umum Yang Perlu Anda Perhatikan



1. Periksa semua kelengkapan kendaraan dan surat surat anda 

Hal yang paling utama dalam berkendara agar aman adalah periksa semua kelengkapan kendaraan anda dan semua surat yang ada. Berikut beberapa hal yang perlu diperiksa tentang kendaraan anda :
  1. Periksa tekanan ban anda, apakah masih normal atau kurang 
  2. Periksa lampu sein / riting anda, apakah masih berfungsi atau tidak
  3. Periksa lampu utama kendaraan anda, apakah masih hidup atau tidak
  4. Periksa bahan bakar anda, apakah masih cukup atau tidak
  5. Periksa kunci kunci yang sekiranya dipeelukan andai saja nanti kendaraan kita ngadat
Nah 5 hal yang perlu diperhatikan pada kendaraan kita, lalu apa saja yang perlu kita perhatikan mengenai surat surat kendaraan anda, berikut hal yang perlu anda perhatikan :
  1. Cek dalam dompet anda, apakah sudah ada stnk kendaraan yang anda bawa
  2. Cek apakah sudah ada SIM di dompet anda
  3. Cek apakah sudah ada tanda pengenal anda
  4. Bawa uang secukupnya
Nah jika beberapa hal yang saya contohkan diatas anda laksanakan, maka anda sudah siap untuk berkendara.

2. Berdoa sebelum akan berkendara 
Kunci selanjutnya mengenai 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Umum Yang Perlu Anda Perhatikan adalah berdoa. Berdoa ini sangat penting, karena dengan berdoa maka anda bisa dengan tenang dalam menikmati jalanan.

3. Bersabar 
Kunci aman selanjutnya dari 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Umum Yang Perlu Anda Perhatikan adalah bersabar, ingat saat di jalanan atau di jalan umum itu banyak hal kita temui, mulai dari pengendara yang ugal ugalan, pengendara yang tak tertib, pengendra yang seenaknya saja dan jalan yang kurang bersahabat. Jika kita terpancing emosi, maka hati kita jadi tak tenang, dan amarah pun bisa membuat konsentrasi kita hilang. Namun dengan hati yang sabar, akan membuat perjalanan kita jadi nyaman.

4. Jangan bermain Hp ataupun berjejer saat berkendara
Tips selanjutnya tentang 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Umum Yang Perlu Anda Perhatikan adalah jangan bermain gadget, hp atau apapun yang dapat mengganggu konsentrasi anda. Selain itu, jangan berjejer saat berkendara, karena dapat mengganggu pengguna jalan yang lainya.

5. Tertib di jalan
Ini adalah kunci pokok selanjutnya dan yang menjadi kunci utama setelah 4 hal sebelumnya, selalu tertib di jalan, perhatikan rambu dan selalu menaati peraturan.

Nah semoga 5 Tips Aman Berkendara di Jalan Umum Yang Perlu Anda Perhatikan ini bisa menambah pengetahuan dan kesadaran anda akan tertibnya berkendara, jangan pernah bermain main di jalan dan jangan menggunakan hp. 
Tag : OTOMOTIF
Back To Top