Syarat Seorang Penyiar Radio Yang Berkualitas

FASTER86.COM - Syarat Seorang Penyiar Radio Yang Berkualitas Dunia kepenyiaran adalah dunia yang berbeda dengan aslinya, dimana seorang penyiar dituntut untuk bisa memberikan efek positif kepada para pendengarnya. Seorang penyiar dituntut untuk bisa membuat pendengar yang susah menajdi senang, pendengar yang lagi galau menjadi bersemangat. Seorang penyiar juga diharuskan mampu menguasi medan mampu menuntun pendengar ke depan, memberi info yang valid dan menjadikan penyiar adalah panutan.

Jadi menjadi seorang penyiar radio itu diperlukan seseorang yang cerdas, dan mampu menguasai pendengar serta mampu menjalankan komputer. Di era yang semakin modern ini, selain pandai dalam menguasi pendengar, seorang penyiar juga dituntut untuk tahu apa yang terjadi di dunia sekarang ini. Saya berikan contoh, seorang penyiar harus tahu gosip terbaru, info hp terbaru, info seluruh dunia, jadi seorang penyiar yang berkualitas itu harus memiliki kriteria kriteria khusus dan memiliki intelengensia yang cukup baik pula.


Nah pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips bagaimana menjadi penyiar radio yang baik, yang memenuhi ekspektasi pendengar dan memenuhi ekspektasi dari radio tersebut. Ada beberapa hal yang diperlukan untuk menjadi penyiar yang berkualitas tersebut, berikut syarat menjadi penyiar radio yang berkualitas, versi faster86.com :

1. Memiliki suara yang enak didengar 
Suara adalah modal utama seorang penyiar radio, syarat utama seorang penyiar adalah suara yang enak didengar dan tidak cempreng. O ya kriteria suara enak didengar disini buka seperti penyanyi, seorang penyiar radio meskipun suaranya cempreng pun bisa, asal dia dia bisa menempatkan pada posisinya. Namun kebanyakan perusahaan radio lebih memilih penyiar yang memiliki suara empuk,merdu dan nyaring, dan untuk memiliki suara yang sesuai kriteria tersebut, tentu ada beberapa proses, berikut cara memiliki suara yang bagus :
  • Gurah suara 
  • Jangan banyak makan yang mengandung minyak
  • Sering teriak teriak
  • Kuarngi makan gorengan
  • Sering minum wedang jahe
2. Mampu menguasai pendengar
Setalh memiliki suara yang bagus, seorang penyiar juga harus pandai menguasi pendengar. Dimana disinilah letak sebuah acara radio tersebut mampu menajdi menarik, seorang penyiar harus bisa berinteraksi dengan baik. 

3. Memiliki artikulasi yang jelas
Seorang penyiar harus memiliki artikulasi yang jelas, artikulasi sendiri adalah kejelasan dalam membaca sebuah kalimat, jadi seorang penyiar harus benar benar jelas apa yang dia ucap, dan mampu diterima dengan baik oleh pendengar. 

4. Memiliki wawasan yang luas
Seorang penyiar juga harus memiliki wawasan yang luas, dia harus tahu apa yang sedang in, dan dia tahu apa yang sedang diperbincangkan di dunia sosial. Nah sudah jelas, dimana seorang penyiar harus kerap membuka internet dan bersearching ke dunia maya, agar tak ketinggalan berita.

5. Memiliki etika yang bagus
Seorang penyiar juga dituntut untuk memiliki etika yang bagus, dia bisa menampatkan dengan siapa ia berinteraksi, dan dalam acara apa ia sedang siara. 

6. Memiliki ciri khas 
Seorang penyiar harus memiliki ciri khas tersendiri, dia harus memiliki apa yang bisa ia kenali, apakah dia lucu, tegas, atau apa saja, yang penting dia harus memiliki ciri khas sendiri.

Nah 6 syarat atau kriteria khusus seorang penyiar radio ini jika kita memiliki setidaknya 5, maka untuk menjadi penyiar yang baik tidaklah mudah. Latihan yang secara berkala, perbanyak kosa kata dan bisa bahasa indonesia yang sesuai ejaan yang disempurkan akan mambuat anda makin mudah untuk bekerja di dunia entertainment. 
Tag : IPTEK
Back To Top