Ciri - Ciri Motor Starter Akan Mati dan Cara Mengatasinya

FASTER86.COM - Ciri - Ciri Motor Stater Akan Mati dan Cara Mengatasinya Motor stater adalah salah satu komponen penting dalam sebuah sepeda motor ataupun mobil, dimana dengan motor stater ini kita bisa dengan mudah menyalakan motor atau kendaraan kita. Tinggal pencet tombol on of maka motor akan langsung menyala. Namun ada kalanya kita dibuat pusing, yaitu saat motor stater kita mati, atau ada tanda tanda atau gejala akan mati. Kita pasti ribet, terlebih untuk motor matic, jika motar stater mati, maka kelar hidup lo,,he he he he

Ada banyak gejala dan ciri ciri dari motor stater akan mati, namun sebelum kita mengetahui apa saja gejala dari motor stater kendaraan yang akan mati, sebaiknya kita tahu dulu apa saja komponen utama dari motor stater ini. Berikut rangkaian motor steter pada kendaraan bermotor :


1. Aki / Accu

Aki adalah komponen utama dalam sistem hand stater, dimana arus yang digunakan untuk memutar motor stater adalah arus dari accu ini, jika accu atau aki sudah baik, maka kinerja motor stater pun bisa baik pula.

2. Tombol hand starter
Tombol yang digunakan untuk menyambungkan arus listrik dari accu menuju ke switch stater

3. Switch Stater
Switch stater adalah alat yang digunakan untuk memutar motor stater


4. Kumparan ( hold in dan pull in ) 

Kumparan ini adalah komponen utama dalam motor stater, dimana dengan adanya kumparan pada rumah stater ini, memungkinkan poros motor stater berputar.

Nah setelah kita mengetahui apa saja komponen perangkai motor stater, maka sekarang kita mengetahui apa saja gejala gejala atau permasalahan pada motor stater ini, terlebih pada motor kendaraan roda dua. Ada beberapa penyebab, berikut urainya :


1. Tidak ada tanda motor starter hidup
Ada banyak kemungkinan pada kasus ini, berikut beberapa hal yang membuat motor stater tak ada tanda motor stater hidup :
  • Tegangan aki kurang / aki thekor, cara mengeceknya adalah bunyikan klason dan riting atau sein bersamaan, apakah lampu terang dan klakson bunti, jika tidak, sudah bisa dipastikan aki thekor.
  • Tombol stater kotor, atau sambunganya putus, cara mengetesnya adalah switch stater dilangsungkan dengan menyambungnya dengan obeng, jika motor stater memutar, berarti ada gejala di listrik yang akan menuju ke switch stater
  • Fuse / sekring putus
  • Listrik tidak sampai ke switch stater
  • Switch stater mati
2. Ada suara di switch starter / bunyi klek
Permasalahan yang kedua adalah, listrik nyampai ke switch stater, tetapi motor stater tak hidup, ada beberapa kemungkinan, berikut beberapa hal yang membuatnya :
  • Arus / tegangan baterai kurang
  • Arang pada motor listrik aus
Nah itu adalah beberapa hal yang sering kita alami atau kita rasakan, dengan mengetahui apa saja gejala gejala yang sering terjadi pada motor stater, mudah mudahan kita bisa lebih hati hati dan lebih waspada, dan lebih paham. Semoga apa yang saya bagi ini bermanfaat,,,,
Tag : OTOMOTIF
Back To Top