Cara Menghilangkan Panu Dengan Tanaman Obat Keluarga

FASTER86.COM - Cara Menghilangkan Panu Dengan Tanaman Obat Keluarga Panu adalah salah satu jamur yang bisa membuat pengidapnya menjadi agak kurang percaya diri, selain membuat tampilan yang kurang menarik, panu pula kadang terasa gatal. Panu adalah sejenis jamur pada kulit, dan panu itu bisa timbul karena beberapa hal. Berikut beberapa penyebab terjadinya panu pada kulit kita :
  1. Sering berada di bawah terik matahari langsung, ini membuat kemungkinan kita terkena jamur panu akan semakin mudah, kenapa demikian ? Ini karena kulit yang langsung terkena terik matahari langsung akan membuat sel penahan ultra violet jadi tidak kuat, dan akibatnya kita bisa terserang panu.
  2. Sering gonta ganti handuk, terlebih kita menggunakan handuk yang dipakai orang yang terkena panu. Selain itu, gunakan handuk yang benar benar kering, karena handuk yang basah akan membuat pertumbuhan jamur makin cepat.
  3. Udara terlalu panas, sehingga keringat yang mengalir di tubuh kita terlalu banyak, hal ini akan membuat benih benih jamur di pakaian kita, dan secara otomatis akan membuat kulit kita terkena panu. Jika musim panas, usahakan pakai pakaian yang cepat menyerap keringat
  4. Kurang menjaga kebersihan badan, ini akan membuat kita mudah terserang panu
Nah setidaknya 4 hal tersebut yang kerap menyebabkan kita terserang panu, 4 hal tersebut pasti sering kita mengalaminya. Nah setelah kita mengetahui penyebab dari panu ini, maka apa saja langkah yang atu tindakan pencegahan yang harus kita lakukan. Berikut beberapa langkah pencegahan terjadinya panu :
  1. Jangan langsung terkena panas matahari langsung, jika kita pekerja lapangan, usahakan memakai pakaian lengan panjang dan yang mudah menyerap keringat
  2. Pakailah handuk yang bersih, dan kering, dan jangan lupa setelah memakai handuk, langsung dikelantang agar cepat kering.
  3. Jagalah kebersihan badan, mandi setidaknya 2 kali sehari, menggunakan sabun kesehatan
Setelah kita melakukan langkah pencegahan, dan kita juga terserang Panu, maka apa saja langkah pengobatanya ? Ada banyak cara dalam mengobati jamur panu ini, mulai dari cara modern hingga cara tradisional. Jika kita menggunakan cara modern, maka akan sangat mudah, kita tiggal datang ke dokter spesialis kulit, nanti dianalisa, setalah itu akan ditangani oleh dokter tersebut. Namun buat anda yang memiliki badget pas pasan, jangan takut, ada banyak cara dalam menyembuhkan jamur panu yang menempel pada kulit kita. Berikut cara cara menghiangkan panu pada kulit kita :

1. Dengan menggunakan Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu tanaman obat yang paling mudah kita temui, hampir setiap hari kita bisa menemukan bawang putih ini, apakah anda sudah tahu apa saja kandungan yang terdapat dalam bawang putih tersebut ? Bawang putih ini mengandung senyawa anti bakteri yang mampu menghilangkan gangguan pada kulit.


Nah lalu bagaimana cara mengobati panu dengan bawang putih ? Ambillah satu buah bawang putih, lalu potong menjadi dua bagian, gosokkan pada bagian kulit yang terkena panu, usahakan sampai mengelupas kulit yang terkena panu. Cara ini memang sedikit sakit, karena nanti kulit yang lecet akan terasa sangat perih, namun cara ini terbukti manjur.

2. Dengan menggunakan Lengkuas dan Garam
Lengkuas adalah salah satu tanaman obat keluarga kedua yang mudah kita jumpai, lengkuas sendiri memiliki beberapa kandungan yang baik untuk ketahanan tubuh, dan juga memiliki kandungan mampu mencegah jamur pada kulit.

Lalu bagaimana cara menyembuhkan panu dengan menggunakan lengkuas ? Caranya adalah potong lengkuas menjadi dua bagian, lalu gosokan pada bagian tubuh kita yang terkena panu, jika anda ingin hasil yang lebih maksimal, maka taburi atau usapi lengkuas tadi dengan garam. lalu gosokan pada kulit kita sampai memerah dan terasa perih, lakukan ini 3 kali sehari, maka secara berkala jamur panu akan mulai hilang sendiri.

3. Kapur Sirih dan Belimbing Wuluh
Apakah anda pernah merasakan belimbing wuluh ? bagaimana rasanya, sangat kecut kan, nah meskipun memiliki rasa yang sangat kecut, namun buah ini memiliki kandungan vitamin c yang sangat tinggi, selain itu belimbing wuluh ini juga memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan kulit. mampu mengganti sel kulit yang mati.

Nah selain itu, belimbing wuluh juga memiliki kegunaan untuk menghilangkan jamur panu pada kulit. Lalu bagaimana cara menyembuhkan panu dengan belimbing wuluh ? Caranya adalah dengan menumbuk belimbing wuluh dna dicampur dengan kapur sirih, usahakan sampai lembut. Setelah lembut, lalu oleskan pada bagian yang terkena panu. Usahakan teratur sampai panu benar benar hilang.

Nah 3 cara mudah dalam menghilangkan panu ini, semoga mampu membuat anda lebih sigap dan siap apabila suatu saat anda mengalami sendiri. Pencegahan adalah obat yang paling ampuh, jadi sebelum anda terkena panu tersebut, lakukan pencegahan pencegahan. Selamat mencoba. 
Tag : Kesehatan
Back To Top