Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas ( Jelantah ) Dengan Menggunakan Arang Kayu

Advertisement
FASTER86.COM - Cara Menjernihkan Minyak Goreng Bekas ( Jelantah ) Dengan Menggunakan Arang Kayu Mungkin anda pernah mendengar yang namanya Jelantah atau minyak goreng bekas. Minyak goreng jelantah ini berwarna keruh, dan di dalam minyak goreng bekas ini ada berbagai macam penyakit. 

Biasanya, setelah kita menggoreng sesuatu, pasti kita membuang minyak goreng jelantah ini, padahal jika kita thu ilmunya, minyak goreng ini bisa kita daur ulang dengan menggunakan barang yang ada di sekitar kita.

Arang kayu, jika kita lihat, apa bisa arang kayu tersebut mengubah minyak goreng jelantah menjadi minyak goreng jernih lagi ? ternyata bisa, setelah diteliti lebih ulang lagi, ternyata arag kayu adalah bahan yang mampu mengendapkan kotoran pada minyak goreng. 

Kamu tidak percaya ? Nah jika kamu tidak percaya, siapkan beberapa alat dibawah ini, dan kita akan tahu hasilnya :

1. Panci kecil 2 buah
2. Minyak goreng bekas
3. Sarngan kertas lab
4. Arang kayu
5. penumbuk kecil

Nah setelah alat alat kamu siapkan, lalu bagaimana langkah kerja dalam menjernihkan minyak goreng bekas ini ? O ya, eksperimen kita hanya dalam skala kecil dulu, jika sobat ingin yang lebih banyak, maka peralatan  yang dipersiapkan juga lebih besar.

Langkah kerja dalam menjernihkan minyak goreng bekas dengan menggunakan arang bekas adalah sebagai berikut : 

1. Tumbuk arang kayu pada wadah yang telah kita siapkan.


2. Tuangkan minyak goreng jelantah pada arang kayu yang telah kita tumbuk tadi, lalu diamkan kira kira 7 - 10 menit, sampai mengendap.


3. Setalah didiamakan, lalu tuang minyak yang bercampur dengan arang tadi, saring menggunakan kertas lab,


Nah tiga langkah mudah dalam menjernihkan minyak jelantah ini sudah terbukti dan dan sudah diuji oleh beberapa orang, dan hasilnya sangat nyata, minyak goreng jadi jernih lagi.

Nah semoga apa yang kami sajikan ini dapat menambah pengetahuan dan juga dapat memberi manfaat lebih, serta dengan mendaur ulang minyak goreng ini jelantah jelantah saat anda menggoreng bisa dimanfaatkan lagi. 

Tag : IPTEK
Back To Top