Cara Membuat Alat Penjernih Siaran Tv Atau Antena Tv Dari Barang Bekas

Advertisement
FASTER86.COM - Cara Membuat Alat Penjernih Siaran Tv Atau Antena Tv Dari Barang Bekas Siaran televisi sudah menjadi kebutuhan manusia dalam pergaulan masakini, berkat media televisi pula kita bisa melihat apa yang terjadi di Indonesia maupun Internasional. Selain itu, menyaksikan siaran langsung sepakbola adalah hal yang tak bisa kita lepaskan dalam Tv.

Hampir seluruh wilayah Indonesia sekarang sudah memiliki TV, namun banyaknya tv ini tak diikuti oleh jumlah stasiun pemancar televisi, sehingga wilayah di pelosok kadang tidak bisa menyaksikan siaran televisi yang sama dengan daerah kota.

Misalkan, di wilayah Sumatra, untuk menangkap signal RCTI atau Trans Tv diperlukan alat parabola dan receivernya untuk menangkap siaran tv tersebut, belum lagi di Papua, dan kalimantan.

Mereka mengeluarkan uang banyak agar bisa melihat siaran televisi, dan ini kadang yang membuat kita sedih, karena biaya bualan dari tv berbayar ini kadang memberatkan, kalau tidak mereka menggunakan parabola ukuran 4 - 6 lnb agar bisa menyaksikan siaran sepakbola, padahal dana yang dikeluarkan banyak, selain itu ribet harus pula melakukan tracking atau membuak bisskey nya.

Nah kali ini saya akan berbagi tips cara membuat para bola mini dengan kualitas sama dengan yang ukuran besar, memang jika kita lihat sepertinya tidak mungkin, namun jika anda buka youtube, anda pasti akan menemukan parabola mini seperti pada gambar di bawah ini.


Nah memang dari gambar terlihat kurang meyakinkan, tetapi secara kefungsian, alat ini mampu membuat tv jadi jernih. Lalu bagaimana langkah dalam membuat alat penjernih siaran televisi ini, berikut bahan bahan yang diperlukan untuk membuat alat penjernih siaran tv atau antena tv dari barang bekas 
  • Kaleng bekas
  • Dudukan
  • Pipa 
  • Karet ( bekas sandal jepit )
  • Alumunium
  • Lem tembak
Langkah kerja dalam membuat antena penjernih tv dari barang bekas ini :

1. Persipakan semua barang yang digunakan, seperti pada keterangan diatas
2. Bersihkan kaleng bekas, perhatikan gambar di bawah ini


3. Buat lubangan pada kaleng tersebut, seukuran kabel antena, jika bingung, perhatikan gambar dibawah ini 


3. Siapkan karet bekas sandal jepit, potong seukuran jempol tangan 


4. Buat lubang seukuran kabel antena yang dikupas, jika bingung perhatikan gambar di bawah ini


5. Buat seperti gambar dibawah ini


6. Gambar diatas masukkan dalam kaleng tersebut, lalu beri lem tembak agar posisi tidak goyang dan bergeser. 


7. Langkah selanjutnya adalah membuat wajan atau parabola mininya,seperti pada gambar dibawah ini


8. langkah selanjutnya adalah pasang pralon sebagai penyangga kaleng tadi, perhatikan gambar dibawah ini 


9. Pasang kaleng pada bagian atas mini parabola


Nah sekian tips dari kami, semoga ini dapat menambah ilmu serta pengetahuan anda, ingat sekali lagi, jangan pernah meremehkan dengan barang bekas, barang bekas itu jika kita pergunakan dengan seksama dan bijak, maka akan dapat menciptakan sesuatu yang baru dan lebih bermanfaat.

Share berita ini kepada kawan kawan anda, para bola mini dengan kualitas super dan memiliki keunggulan dibandingkan antena biasa. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tag : IPTEK
Back To Top