Meneladani Sifat Nabi Muhammad Saw

Advertisement
FASTER86.COM - Meneladani Sifat Nabi Muhammad Saw Agama Islam adalah agam yang sempurna dan agama yang memberikan rahmat kepada semua. Islam bisa berkembang di seluruh dunia tak lepas dari peran para Ulama, tentu semua sumbernya adalah dari Nabi Muhammad Saw, Rasul penutup para Rasul.

Sejak kita sekolah, tentu kita sudah dijarkan apa saja sifat sifat para Nabi tersebut, Siddiq, Amanah, Fathonah, Tabligh, Empat sifat para Nabi dan rasul ini tentu dan hendaknya harus kita teladani dan juga kita terapkan dalam sisi kehidupan kita.


Lalu apa yang harus kita lakukan agar kita bisa menjadi manusia yang baik, berakhlak mulia dan selalu patuh pada ajaran-Nya ?

Tak lain dan tak bukan adalah kita harus menladani sifat Nabi Muhammad Saw, ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari Nabi.

Mulai dari kesabaran, keimanan, ketaqwaan, sikap kita kepada orang lain hingga kejujuran Nabi. Sifat sifat seperti itu harus kita tanamkan kepada kita maupn keluarga kita, Jika kita bisa belajar dari akhlak Mulia Nabi, Insya Allah untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik bisa terlaksana,

1. Jujur
Dalam hal kejujuran, Nabi Muhammad adalah guru sekaligus teladan tiada duanya, beliau adalah orang yang dijuluki Al amin, ini tak lain karena kejujuran beliau dalam segala hal, Beliau bahkan dalam berdagang pun selalu jujur, tak pernah berbohong apalagi mengakali.

Sifat jujur ini membuat beliau menjadi manusia semourna dan manusia yang selalu dirahmati Allah Swt. Sifat kejujuran ini sekarang sudah mulai luntur, jika kita tidak menamkan sejak kecil, jangan harap kita memiliki generasi emas yang bisa membangun bangsa dan negara.

2. Sabar
Sabar, adalah 5 huruf yang sangat sulit dilakukan, orang yang sabar adalah orang yang disayang Allah. Dan Nabi Muhammad adalah orang yang sangat sabar, bahkan saat dia dijelek jelekan dan di aniaya, beliau tak pernah marah, malah tersenyum. Kesejukan dalam akhlak Nabi ini adalah cerminan manusia yang berkahlak mulia dan panutan.

Apakah kita sudah bisa bersikap seperti itu ? Memang sulit, manusia zaman sekarang memiliki emosi yang tak terkontrol, dan maunya menang sendiri, tanpa pernah memikirkan oang lain.

3. Taqwa
Dalam hal ketaqwaan, Nabi adalah panutan dan beliau adalah manusia yang paling bertaqwa. beliau selalu mengajarkan yang baik kepada umatnya, dalam segala hal, Nabi selalu mengajarkan. Apa apa harus diawali dengan doa, karena dengan doa, keberkahan apa yang kita kerjakan dapat tercapai.

Nah 3 hal yang perlu kita pelajari dari Nabi ini, semoga mampu membuat kita sadar dan mau belajar lagi, mengamalkan apa yang Nabi ajarkan, dan selalu meneladani apa yag menjadi sifat beliau. 

Tag : Habib Syech
Back To Top