Mark Iuliano, Tembok Kokoh Juventus

Advertisement
FASTER86.COM Anak 90an tentu akan hafal dan mampu menilai siapa dia, ya dia adalah salah satu bek tangguh yang pernah dimiliki Juventus dan Italia. Mark Iuliano, mungkin saat itu namanya kurang begitu tenar semisal Zidane, Davids atuwa Del Piero. Namun pria ramah ini adalah aktor kesuksesan Juventus kala itu.

Bermain di barisan belakang, ia mampu menjelma menjadi tembok raksasa Juventus dan karang bagi para lawan lawan Juventus. Ketangguhan Iuliano di lini belakang Juventus, menjadi kunci baginya masuk skuad Timnas Italia.


Suatu saat sebelum Liga Italia tahun 2002, Iuliano pernah berkata pada salah satu media, " Juventus adalah tim yang selalu menjadi favorit juara serie A "

Pernyataan ini memang tak bisa dibantah oleh siapa saja, ini tak lain karena memang dalam setiap Liga Italia dimulai, Juventus selalu menjadi unggulan.

" Hampir setiap musim Juventus selalu menjadi favorit, ini tak berlebihan, karena hampir setiap musim Juventus selalu mendatangkan pemain berkelas "

" Selain itu, faktor internal Juventus yang kondusif membuat kami makin kompak dan makin kuat "

Iuliano adalah salah satu aktor kesuksesan tersebut, berduet dengan Montero di lini belakang Juventus, membuat duet ini diibaratkan sebagai karang.

" Saat bermain dengan Paolo ( Montero ) saya menjadi sedikit ringan, ini karena dia adalah salah satu bek yang ditakuti saat itu, memang dia cenderung kasar dan tegas, tapi itu hal yang biasa "

" Saat anda dihadapkan dengan beberapa opsi, maka mendapat kartu adalah opsi terakhir agar gawang kita tidak kebobolan "

" Memang ini dinilai banyak orang kurang bagus dalam sepakbola, tetapi di lapangan semua sudah melebur dan kita tidak tahu harus bagaimana lagi " tambahnya.

Mark Iuliaano adalah bek Juventus yang didatangkan di masa kepelatihan Marcelo Lippi, dia didatangkan dari Salernitana.

Saat didatangkan, banyak yang berpendapat ia akan kurang bermain disana, mengingat di Juventus saat itu sudah ada beberapa bek tangguh lainya. Namun perlahan tapi pasti, performa apik Mark Iuliano mampu membuatnya selalu menjadi pilihan utama pelatih Juventus.

Sekilas mengenai Mark Iuliano saat di Juventus : 
  • Nama : Mark Iuliano
  • Tanggal lahir : 12 Agustus 1973
  • Tempat lahir : Cosenza Italia
  • Tinggi : 1,87 M
  • Posisi : Bek 
  • Karier di Juventus : 1996 - 2004, dengan jumlah caps untuk Juventus 187 kali dan mencetak 7 gol
Back To Top