Tahukah Kamu : Hanya 3 Jendral DI Indonesia Yang Memiliki Bintang Lima

Advertisement
FASTER86.COM - Tahukah Kamu : Hanya 3 Jendral DI Indonesia Yang Memiliki Bintang Lima Indonesia, negara dengan sejarah panjang dan perjuangan para pahlawan. Indonesia yang terdiri dari puluhan ribu pulau ini taka akan merdeka tanpa adanya jerih payah para pejuang. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda sudah selayaknya dan sepantasnya menjaga serta mengisi kemerdekaan dengan hal hal yang positif.

Selain Indonesia diakui dunia sebagai salah satu negara dengan ragam suku dan budaya, ada satu lagi yang harus kamu tahu, 3 jendral di Indonesia yang memiliki bintang lima, o ya saya jelaskan dulu apa itu bintang lima tersebut.

Bintang lima adalah bintang kehormatan untuk para jendral di Indonesia, dan yang mendapatkan bintang lima ini bukan orang sembarangan, mereka adalah para pelaku sejarah dan memiliki andil besar terhadap institusinya, yaitu TNI. 

Lalu siapa saja ya yang mendapat kehormatan bintang lima tersebut, berikut data tentang Jendral bintang lima di Indonesia : 

1. Jendral Besar Sudirman


Sudirman, lahir di Bodas Karang Jati Purbalingga pada tanggal 24 Januari 1916, beliau adalah Bapak Tentara Nasional Indonesia. Ini tak lain dan tak bukan karena beliau adalah orang yang berjasa dalam menciptakan tentara keamanan rakyat.

TKR atau Tentara Kemanan Rakyat adalah cikal bakal dari TNI yang sekarang, berkat jasa beliau pula, Indonesia merdeka. Taktik gerilyanya mampu mengecoh para penjajah, dan berkat teknik gerilya ini, beliau berhasil mengusir enjajah dari Indonesia. Berkat jasa dari beliau, pemerintah menganugrahi gelar pahlawan nasional dan juga memberi gelar kehormatan bintang lima untuk jendral besar Sudirman.

2. Jendral Besar Abdul Haris Nasution


Abdul Haris Nasution, salah satu korban yang selamat dari gerakan G 30 S PKI, Nasution saat terjadi kudeta tersebut menjabat sebagai panglima tni. Namun yang menjadi korban adalah anak beliau, Ade Irma Suryani serta pengawal pribadi beliau.

Jendral besar Nasution, lahir di Kotanopan, Sumatra Utara pada tanggal 3 Desember 1918. Berkat jasa jasa dari beliau, pemerintah memberikan gelar bintang besar kepada Abdul Haris Nasution.

3. Jendral Besar Suharto


HM Suharto, nama yang akan selalu diingat oleh bangsa Indonesia, tokoh yang paling dihormati dan disegani oleh bangsa Indonesia ini, lahir di Kemusuk Argomulyo Sedayu Yogyakarta pada tanggal 8 Juni 1921. Beliau adalah tokoh besar bangsa Indonesia, jasa jasa beliau kepada TNI maupun bangsa tak bisa diremehkan.

Beliau pulalah yang menjadi tokoh dalam penumpasan G 30 S PKI, dan beliau pula yang berinisiatif dalm serangan umum 1 maret 1949 di Yogyakarta.

Jendral Besar Suharto juga merupakan Presiden Indonesai dengan masa jabatan terlama, menjabat selama 32 tahun, banyak prestasi yang beliau tampilkan untuk Indonesia, mulai dari pembangunan di segala bidang, swa sembada pangan, hingga militer yang kuat. Berkat jasa jasa beliau, pemerintah menganugrahi bintang lima untuk Bapak HM Suharto.

Nah demikian yang dapat tim sajikan, semoga ini dapat menjadi referensi bangsa serta anak muda agar selalu mengisi kemerdekaan, serta tak lupa dengan jasa jasa para pejuang yang telah mengorbankan jiwa raga demi bangsa Indonesia. 

Tag : IPTEK
Back To Top