Orang Jogja Itu Ngengenin.........

Advertisement
FASTER86.COM Jika kita berbicara tentang Indonesia, sudah selayaknya dan sepatutnya nama Jogjakarta kita sebut, ini tak lain karena Kota Gudeg ini dulunya adalah mantan Ibukota Indonesia. Kota yang terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya ini, memiliki daya magis dan daya pikat tersendiri bagi kaum pelancong.

Tak lain dan tak bukan, karena sebutan sebagai kota wisata dan kota budaya serta kotanya orang " ngangenin " . Memang, jika kalin datang ke Jogja, keramahan orang jogja pasti akan membuat anda terpikat dan berkata, " wah jogja ki cen apik tenan, wonge ramah ramah " artinya wah Jogja itu bagus sekali, orangnya ramah ramah.


Sudah tradisi dari zaman dulu, kalau Jogja itu menjadi pelopor adab kesopanan, sejak zaman mataram kuno hingga sekarang, tradisi dan unggah ungguhnya masih terasa sekali. Jogja nan istimewa, sesuai dengan nama propinsinya. 

Istimewa, ini tak lain karena jasa Jogjakarta bagi kemerdekaan bangsa Indonesia, Jogja mampu menjadi pengayom bangsa, dan mampu menjadi daerah yang sulit dijajah oleh belanda, ini karena keberadaan keraton Jogja, sebagai pusat kota dan sebagai kasidah keindahan Jogja.

Kraton Jogja ini adalah sebuah bukti, kalau warga Jogja itu berdab dan memiliki cita rasa tinggi, sopan dan memiliki hormat dan patuh. Jika kita berwisata ke kraton, maka anda akan menmukan banyak sekali abdi dalem, dimana para abdi dalem tersebut memiliki pesona dan keramahan yang luar biasa.

Inilah yang membuat setiap pelancong kangen ke Jogja lagi, tak lain karena warga jogja itu ngangenin. Jogja akan selalu menjadi bagian bangsa dan taka akan pernah lupa dengan unggah ungguh dan tata krama.

Sesuai petuah dari para leluhur, kalau orang jawa itu harus menjadi teladan bagi semua. Ada beberapa pepatah jawa yang sangat melegenda hingga saat ini, Hamemayu hayuning bawana atau melestarikan dunia.

Di zaman yang semakin canggih dan terbuka ini, jika anaka anak kita tidak kita didik dengan moral yang bai, kesan jogja sebagai kota ngangenin akan hilang dan ini bahaya bagi kelangsungan Jogja. Jogja harus selalu menjadi teladan dan menjadi panutan bagi siapa saja.

Jogja itu ngangenin................
Tag : Pesona Jogja
Back To Top