Kebudayaan dan Kesenian Jawa Yang Masih Tetap Terjaga di Negara Suriname

Advertisement
FASTER86.COM - Kebudayaan dan Kesenian Jawa Yang Masih Tetap Terjaga di Negara Suriname Jika kita berbicara mengenai Suriname, maka kita kan berbicara mengenai orang jawa yang bermukim disana. Banyak dari bangsa jawa disana yang makmur dan menjadi rang kaya, jadi tak salah kalau mereka memilih menetap di negara amerika latin tersebut.

Salah satu yang menarik adalah tentang kebudayaan dan nilai luhur jawa yang masih ada dan tetap lestari di negeri nan jauh disana. Di negara yang berbatasan dengan Brasil ini, bahasa jawa masih digunakan dan kesenian disana juga masih tetap terjaga hingga sekarang.


Tradisi ini menurut salah satu oarang jawa disana, ini karena budi pekerti serta luhur dan tingginya ilmu jawa lah yang mampu membawa kesenian jawa masih ada disana, 

Mereka masih percaya dengan gotong royong, reog, jathilan dan merti dusun, dimana disana kesenian tersebut mampu menajdi pengikat kekeluargan antar orang jawa tetap terjaga.

Kesenian adalah sesuatu yang mampu mengingatkan dengan jawa nya dan mampu mempersatukan orang jawa di negara yang jauh disana.

Merti dusun disana juga menajdi favorit orang jawa maupun bangsa lain, jika kalian pernah lihat tradisi rasulan di gunung kidul, maka seperti itulah kesenangan di negara suriname tersebut. Pemerintah disana juga snagat mengakomodir orang orang jawa disana. 

Wayangan juga menjadi tontonan favorit disana, memang jumlah dalang disana tinggal berapa, karena anak muda disana jarang ada yang mau jadi dalang. 

Tradisi jawa di suriname ini akan selalu dikenang oleh orang orang jawa, karena tradisi nenek moyang inilah pemersatu. Banyak penyanyi campursari di negara Suriname dan yang paling disukai disana adalah didi kempot.

Seniman asal Solo ini menjadi sangat fovorit, tiap kali diundang di negara tersebut, hampir penuh sesak. Kesenian orang jawa akan tetap terjaga sampai kapan pun, itu salah satu petikan orang jawa disana. 

Tag : TRADISI JAWA
Back To Top