Dibalik Tembang Jawa " Pepiling "

Advertisement
FASTER86.COM Orang jawa itu memiliki unggah ungguh dan tata krama yang beradab, ini bukan kita mengunggulkan orang jawa, tetapi ini perspektif dan obyektifitas yang kita gunakan. Orang jawa pasti akan menunduk saat jalandi depan orang, ini sebagai tanda penghormatan bagi orang yang ada di depanya.

Pun dengan sebuah tembang, orang jawa dalam menciptakan tembang, pasti ada makna dan pembelajaranya. Salah satunya adalah tembang pepiling. tembang jowo yang sering diperdengarkan dalam acara campur sari ataupun pengajian ini, sangat familiar di kalangan masyarakat jawa.

Lirik liriknya pun memiliki makna yang mendalam buat kita, jika kita terapkan dengan penuh hati, maka tak mungkin cita cita kita untuk menjadi orang baik bisa terlaksana.


Tembang pepiling ini mengajarkan kepada kita umat Isalam untuk menjalankan perintah agama, dengan penuh hati dan dengan istiqomah. Pepiling ini berarti mengingat, jadi kita perlu ingat dengan Allah yang telah menciptakan bumi dan seisinya.

Tembang Pepiling ini mengajarkan kepada kita bahwa jika adzan sudah berkumandang, maka segeralah menjalankan perintah Allah untuk sholat. Sholat tepat waktu akan membawa kita kepada orang yang diridhoi dan diberkahi. 

Ini karena apa, dengan menjalankan perintah sholat dan tepat waktu, kita telah melatih diri kita untuk menjadi orang yang disiplin. Tentu kita tahu bersama, bahwa ciri orang yang sukses itu diawali dengan disiplin.

Penerapan disiplin adalah awal buat kita menjadi manusia yang berhasil, disiplin waktu, disiplin ilmu dan disiplin dalam segala hal akan menjadikan kita sebagai bangsa yang maju, tak kalah dengan bangsa lain di dunia.

Tembang jawa, Pepiling ini sangat bagus dan memberikan motivasi buat kita untuk lebih dekat dengan Allah, nah buat anda yang kangen dengan lagu tersebut, bisa simak video di bawah ini : 


Nah semoga dengan pepiling ini, kita senantiasa menjadi manusia yang lebih arif dan bijaksana serta menjadi manusia yang lebih mengutamakan Allah swt diatas segala galanya.

Tembang Pepiling ini juga sebagai penambah motivasi buat kita untuk menjadi pribadi yang lebih bertaqwa dan lebih mulia di hadapan Allah swt. amin amin ya robbal 'alamin.

Tag : Habib Syech
Back To Top