7 Kunci Kebahagiaan Hidup Menurut Sayyidian Ali Bin Abi Thalib

Advertisement
FASTER86.COM - 7 Kunci Kebahagiaan Hidup Menurut Sayyidian Ali Bin Abi Thalib Sayyidina Ali, salah satu umurul mukminin yang mampu membawa kejayaan Islam di masa lampau. Selain pintar, beliau adalah orang yang taat dan patuh kepada Nabi, jadi tak heran, kalau Nabi Muhammad saw mengangakt beliau menjadi menantu.

Sayyidina Ali, selain pandai, juga memiliki beberapa wasiat yang ditinggalkan kepada umat Islam di seluruh dunia, salah satunya adalah 7 kunci dalam menggapai kebahagiaan dalam hidup. Apa saja 7 kunci tersebut, berikut paparanya : 


1. Jangan membenci siapapun walau ada yang menyalahi hakmu
Memang ini terasa berat, karena urusan dengan dunia ini adalah sesuatu yang sangat sensitif, jika kita tidak melapangkan dada kita, maka sifat iri dengki akan muncul di kita dan ini akan membuat kita menjadi manusia yang memiliki sifat iri.

2. Jangan pernah bersedih secara berlebihan sekalipun masalah memuncak
Dalam kehidupan itu ada senang ada duka, dan ada kebahagiaan ada kesedihan, maka jika kita mengalami salah satunya, maka kita diharuskan harus lebih bijak dan lebih tegar. Jika kita mengalami kesedihan, maka hendaknya kita harus pandai mengontrol emosi kita, jangan sedih yang terlalu. 

Serahkan semua kepada Allah swt, dan dengan keikhlasan ini, semoga kita bisa mendapatkan sesuatu yang lebih. Ingat, dalam keseidah dan kesusahan itu ada hikmah, maka maknai hal tersebut dan lebih mendekatkan diri akan membuat kita menajdi lebih mulia. 

3. Hiduplah dalam kesederhanaan sekalipun serba ada
Ini terasa sebuah ironi, disaat kita berlimpahan materi, tetapi kita diharuskan untuk berlaku sederhana. Sikap sederhana ini mengajarkan kepada kita tentang nikamt dan indahnya mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita. Hidup sederhana akan membuat kamu menjadi lebih mulia dan lebih mewah di hadapan Allah swt.

4. Jangan memutus doa untuk saudara mukmin
Doa adalah pangkal dalam berserah diri kita, jika kita sudah berusaha secara maksimal, maka doa ini sebagai penutup dalam semua usaha kita. Agar hidup kita bisa mendapat kebahagiaan, maka jangan pernah memutus doa untuk saudara  mukmin lain, ini karena doa kita ke orang lain ini sering kali mental ke kita, jadi jika kita mendoakan yang baik, maka bisa saja Allah akan memberikan kepada kita apa yang kita doakan kepada orang lain tersebut. 

5. Perbanyaklah memberi walaupun anda sedang susah
Resep selanjutnya dalam mencari kebahagiaan menurut sayyidina Ali, adalah memperbanyak memberi walaupun kita sendiri sedang dalam kesusahan. Ini mengajarkan kita tentang keikhlasan memberi. Ingat, jika kita memberi dengan ikhlas, maka Allah akan membrikan kita 10 ali dari apa yang kita berikan kepada orang lain.

Memang hal ini terasa berat, namun jika kita tidak berusaha mencoba, maka kapan kita akan menjadi orang yang ikhlas. Sifat " lumo " atau suka memberi ini juga akan membuka kran rejeki kita .

6. Tersenyumlah walau hatimu sedang menangis
Ini terasa berat, namun jika kita mencobanya, maka keinginan kita untuk emnajdi manusia yang lebih mulia di ahdapan Allah akan segera terlaksana. Senyum adalah sodekah yang paling mudah, dengan memberikan senyum ke orang lain, maka pintu pintu rejeki kita akan dibuka oleh Allah swt.

7. Berbuatlah kebaikan walaupun sedang mengalami musibah
Berat, namun apa salahnya jika kita mencoba, dengan begitu rasa ikhlas kita akan kelar dan kita akan menajdi lebih bijak dalam menghadapi sebuah ujian. Kunci kebahagiaan adalah hati yang ikhlas dalam menerima musibah, jika kita bisa menutup musibah tersebut dengan berbuat baik, insya Allah, kita akan diberi kebahagiaan yang lebih dari Allah.

Nah 7 kunci kebahagiaan ini jika kita jalankan dan kita landasi dengan penuh keikhlasan, maka untuk menjadi manusia yang bahagia tidaklah sulit. Semoga kita kelak dijadikan manusia yang lebih ikhlas dan lebih mulia di ahdapan Allah swt.  amin amin ya robbal alamin....

Tag : Habib Syech
Back To Top