Profil Andrea Agnelli Sang Presiden Juventus Yang Kalem

Advertisement
FASTER86.COM Jika kita membicarakan Juventus, maka keluarga Agnelli tak bisa kita epaskan dari sejarah Juventus. Ini karena keluarga Agnelli ini adalah pemilik klub Juventus dari tahun 20an, hingga sekarang. Keluarga Agnelli inilah yang membuat Juventus di segani dan begitu diperhitungkan hingga sekarang.

Nah kali ini admin akan sedikit mengupas mengenai sosok Andrea Agnelli, Presiden klub Juventus yang begitu kalem namun seorang pekerja keras


Andrea Agnelli (lahir di Turin, Italia, 6 Desember 1975, umur 40tahun) adalah seorang pebisnis dari Italia, ia saat ini menjabat sebagai presiden dari klub sepak bola Italia Juventus.

Andrea Agnelli merupakan putra dari Umberto Agnelli dan Allegra Caracciolo. Ia merupakan saudara Giovanni Alberto Agnelli, dan orang terakhir (sampai saat ini) yang masih memakai nama belakang keluarga "Agnelli". Andrea muda bersekolah di St Clare's International School di Oxford, Inggris. Ia kemudian melanjutkan pendidikan tingginya ke Universitas Bocconi di Milan. Selama kariernya ia telah memperoleh pengalaman kerja yang beragam, baik di luar negeri dan di Italia. Pekerjaan awal utamanya adalah sebagai staf pemasaran di perusahaan-perusahaan besar seperti Piaggio, Auchan dan Ferrari.

Dari 2001 sampai 2004 Agnelli bekerja di Philip Morris International. Pada tahun 2007 ia membentuk perusahaan bernama Lamse, S.p.A. dan ia menjabat sebagai petinggi eksekutif di perusahaannya tersebut. Selain itu keterlibatannya di dunia olahraga juga ia mulai dengan menjadi salah satu pengurus pada klub golf Royal Park & Country Club I Roveri pada tahun 2008. Pada 29 September 2008 ia kemudian diangkat sebagai direktur dari Federasi Golf Italia.

Seiring dengan statusnya sebagai salah satu anak dari pendiri Fiat, Andrea mulai terlibat langsung dalam beberapa kegiatan perusahaan keluarganya tersebut. Pada tahun 2005-2006 ia mengambil pekerjaan dalam pengembangan strategis di perusahaan IFIL. Pada 30 Mei 2004 ia kemudian diangkat mnenjadi direktur Fiat dan kemudian sejak tahun 2006 ia menjadi salah satu anggota pengurus IFI (kemudian Exor), yang menjadi induk perusahaan Fiat.

Karier Agnelli dibidang bisnis yang begitu mulus membuat banyak pihak menginginkan ia menjadi Presiden klub, ini karena mereka berharap " Sihir Agnelli " mampu membuat Juventus kembali lagi berjaya seperti era era pendahulunya. 

Pada tanggal 28 April 2010 ia kemudian diumumkan oleh saudara sepupunya, John Elkann untuk menjadi presiden baru klub sepakbola Italia tersebut menggantikan Jean-Claude Blanc. Ia kemudian menjadi orang dengan nama belakang Agnelli keempat yang menjabat sebagai presiden Juventus.

Kiprah sebagai presiden baru Juventus, ia langsung membuat gebrakan, ia mencanangkan membangun stadion baru, ini karena ia paham, dengan pembangunan stadion akan membuat Juventus makin kuat dan makin dekat dengan fans, dan juga dari segi bisnis akan membuat Juventus memiliki penghasilan yang lebih banyak. 

Keinginan ini akhirnya dapat teralisai, dengan dibukanya stadion baru dengan nama Juventus Stadium, peremian ini berlangsung pada 8 September 2011 dan ia juga berbicara dihadapan fans Juventus sambil mengatakan " Fino Alla Fine "  dan dengan diresmikanya stadion baru ini, maka secara resmi pada musim 2011 sampai seterusnya Juventus akan bermarkas di J Stadium. 

Dan demi memperkuat Juventus, pondasi utama Juventus ia bentuk, merekrut pelatih baru, membangun struktur manjemen yang sehat dan juga penunjukkan Beppe Marotta di bagian direktur umum adalah bukti kalau Agnelli adalah orang yang memiliki ambisi besar bagi Juventus. 

Di musim itu pula, Andrea berhasil membawa Juve meraih kembali Scudetto. Memutuskan untuk menghapus dua tanda bintang di logo klub musim 2012/13 dan menggantinya dengan tulisan "30 Sul Campo" yang jika diartikan "30 gelar di atas lapangan"

Sebuah bukti kalu ia adalah orang yang tepat bagi Juventus, dan untuk musim depan, Agnelli mencanangkan sapu bersih gelar, obsesi ini pun Agnelli tidak macam macam, dan demi obsesinya ini, Beppe Marotta langsung mendatangkan beberapa pemain hebat, seperti Pjanic, Alves, Pjaca, Benatia, hingga akhirnya berhasil mendatangkan Higuain. 

Secara sekilas berikut profil Andrea Agnelli : 
  • Nama Lengkap : Andrea Agnelli
  • Tempat Lahir : Turin, Italia
  • Tanggal lahir : 6 Desember 1975
  • Orang Tua : Umberto Agnelli ( Ayah ) Allegra Caracciolo ( Ibu ) 
  • Jabatan : Presiden klub Juventus dari 2011 - sekarang
Nah semoga apa yang admin bagi kali ini bisa menambah pengetahuan anda akan sosok presiden yang begitu kalem namun memiliki ambisi yang besar bagi Juventus ini.

Catatan : Diolah dari berbagai sumber 

Tag : SEPAK BOLA
Back To Top