Arti Tes Psikotest Bagi Calon Karyawan Baru

Advertisement
FASTER86.COM - Arti Tes Psikotest Bagi Calon Karyawan Baru Bagi setiap perusahaan pasti memiliki sesuatu atau tata cara yang berbeda beda dalam melakukan perekrutan karyawan. Ada yang menggunakan cara manual, yaitu dilihat fisik, diterima ada pula yang menggunakan psikotest atau test psikologi kejiawaan. 

Ada banyak test dalam metode ini, misalkan saya dulu pernah ikut seleksi di sebuah perusahaan besar, dalam test tersebut, saya disuruh menjawab berbagai macam pertanyaan mengenai kepribadian saya, mulai dari kejujuran hingga kedisiplinan. 


Saya kasih bocoran ya, begini cara agar kamu diterima suatu pekerjaan, pada saat tes kejujuran, ada beberapa bocoran yang akan saya bagi kali ini, ini pertanyaan yang fatal dan yang jadi kata kunci dalam tes psikotest.

1. Kamu pernah telat
Nah dalam pertanyaan ini, kadang orang yang baru pertama kali akan menjawab tidak, ini menurut pengalaman saya adalah hal yang sangat fatal. Lebih baik jawab saja pernah, ini karena apa ? Dalam tes psikotest tentang kejujuran, nanti jika kamu jawab belum pernah, maka perusahaan tidak akan percaya pada anda. 

Soalnya ini akan mengacu pada pertanyaan jebakan kedua, yaitu, kamu lebih suka membaca cerita tentang dewasa atau tidak ? Jika kamu tidak, maka ini akan semakin menunjukkan kalau kamu bukan orang yang jujur, mengapa, nanti kita bahs di analisa. 

2. Analisa mengenai dua pertanyaan menjebak tadi 
Analisa dari dua pertanyaan tentang kejujuran tadi adalah sebagai berikut : 
a. Telat
Telat adalah hal manusiawai, dan setiap manusia pasti pernah mengalami ktelat, pertanyaanya adalah kamu pernah telat ? Nah telat disini bukan pada pekerjaan, tetapi bisa sholat, atau telat dalam rapat, pertanyaan sederhana namun menjebak. BAnyak karyawan baru gugur di fase pertanyaan ini. 

Kebanyakan calon karyawan baru banyak yang menjawab tentang kebaikan diri kita, mulai dari tidak pernah telat, tidak pernah bolos dan lain lain. Padahal kenyataanya, perusahaan itu lebih suka karyawan yang jujur. 

b. Cerita tentang hal dewasa
Ini adalah bentuk jebakan, umunya seseorang yang normal ini akan menyukai cerita dewasa, karena apa ? Karena naluri sebagai makhluk yang dibekali hawa dan nafsu inilah yang membuat setiap manusia baik laki laki maupun perempuan suka dengan hal dewasa. 

Nah dua pertanyaan yang menjebak ini adalah kunci dalam seleksi sebuah perusahaan dalam mencari tenaga kerja baru, jika kamu tidak bisa menganalisa, ya sama seperti saya, akan gagal. 

Semoga apa yang saya bagi tentang dua hal pokok dalam test psikologi ini, semoga bisa menambah wawasan anda saat akan menjajal dan melakoni tes psikotest. 

Tag : IPTEK
Back To Top