Amalan Doa : Doa Menahan Amarah

Advertisement
FASTER86.COM - Amalan Doa : Doa Menahan Amarah Setiap manusia memang selalu memiliki sikap yang berbeda beda di tiap menitnya. Hari ini diam, menari, tiba tiba cemberut, menangis, sedih, semua itu adalah hal yang sangat wajar, mengingat manusia memiliki akal dan rasa. 

Salah satu sifat yang harus kita hindari adalah amarah atau marah marah. Sikap ini bisa membuat amal kita menjadi luntur, karena amarah ini kita sudah dirasuki oleh setan jahat yang dapat membuat kita lupa akan Allah swt.

Namun ada satu doa sederhana yang bisa mengusir hawa amarah ini, tentu doa ini jika kita lakukan dengan ikhlas, insya allah emosi atau amarah kita bisa redam. “Sesungguhnya orang yang kuat bukan orang yang unggul dalam bergulat, melainkan orang yang mampu menguasai dirinya saat marah.” Pernyataan Rasulullah yang diriwayatkan Abu Dawud dan At-Tirmidzi ini menyiratkan pesan bahwa mengendalikan diri lebih dari sekadar urusan fisik.


Rasulullah dalam suatu hadits pernah mengulang-ulang perintah “Jangan marah!” hingga tiga kali. Hal ini lantaran amarah tak hanya bisa menghilangkan akal sehat, tapi juga memiliki efek kerusakan bagi diri sendiri dan sekitarnya. Dalam menyikapi suatu hal, seseorang hendaknya tetap rileks dan berpikir jernih sehingga usaha mengatasi masalah lebih banyak menghasilkan maslahat ketimbang mudarat. Rasulullah memberi resep mengusir setan dan marah dengan membaca ta’awudz:

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

A‘ûdzubillâhi minasy syaithânir rajîm

"Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk."

Lafaz sederhana dalam surat Al-fatihah ini tentu jika kita amalkan dengan sungguh sungguh, maka segala sesuatu yang menggganggu pikiran kita akan hilang. 

Setan dalam mengganggu umat manusia memang dari segala penjuru, tanpa pandang siapa dia, namun ada satu hal yang tidak bisa diganggu setan, yaitu orang yang shalih dan dekat dengan Allah swt. Orang sholeh ini adalah orang yang mau menjalankan perintah Allah swt dan selalu menjauhi laranganya. 

Hal yang terpenting agar kita selalu terhindar dari perbuatan amarah ini adalah, selalu berdzikir dalam hati, mengingat Allah, dan selalu berpikir rasional. Kendalikan amarah adalah sikap yang paling baik bagi kita. Amin amin ya robbal alamin...

Sumber : nu.or.id

Tag : Habib Syech
Back To Top