Keindahan Telaga Biru Semin dan Rute Menuju Ke Telaga Biru Semin

Advertisement
FASTER86.COM - Keindahan Telaga Biru Semin dan Rute Menuju Ke Telaga Biru Semin Gunung kidul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta, tepatnya berada di ujung timur Yogyakarta. Selain terkenal dengan campursari dan gapleknya, gunung kidul juga terkenal dengan pesona wisatanya. Mulai dari pegunungan hingga wisata alam pemandangan, dan yang menjadi wisata populer di Gunungkidul adalah pantai dan goa goanya.

Jika kita dengar pantai gunung kidul, maka kita pasti langsung teringat dengan pantai baron, panati wedi ombo. pantai nglambor, pantai krakal, pantai kukup dan pantai indrayanti. Semua pesona wisata air ini tentu dapat membuat kita makin bersyukur dengan anugrah yang Allah SWT berikan. 


Selain terkenal dengan pantai, ternyata ada lagi obyek wisata yang terkenal di gunung kidul, yaitu telaga biru semin. Wisata buatan ini sebenarnya prosesnya memang tak disengaja, dimana saat itu tempat ini adalah pegunungan kapur. Oleh penduduk sekitar, batunya digunakan untuk membuat gamping, sehingga timbullah sebuah lobang, dan lobang.

Karena pencarian akan batu kapur ini dirasa sudah cukup, para penambang lalu membiarkan tempat ini terisi hujan. Lama kelamaan air hujan dapat memenuhi lobang lubang tersebut, sehingga jadilah seperti waduk.


Semakin lama semakin penuh, dan membentuklah jadi sebuah telaga. Lalu kenapa airnya bisa biru ? Ini karena air dari hujan lamakelaman bercampur dengan batu kapur, mengakibatkan air di dalamnya menjadi biru, dan menjadikan sebuah pemandangan yang indah. 

Pemandangan yang sungguh sangat indah bukan, dengan warna biru yang mampu membuat anda berasa di eropa. Dengan alam yang masih sejuk,membuat wisata telaga biru semin ini layak untuk anda kunjungi. 

Dengan view yang indah, maka telaga biru semin ini layak untuk anda kedepankan dalam berwisata, mengingat wisata alam ini hanya terdapat di Jogja tepatnya semin Gunung kidul. 

Rute menuju ke lokasi telaga biru semin : 
Telaga biru Semin berada di dusun ngemplak desa candirejo kecamatan semin kabupaten gunungkidul jogja karta. Lokasi telaga biru jogja ini jika kita dari jogja berada di timur laut kota jogja, atau berbatasan dengan kabupaten sukoharjo jawa tengah. Perjalanan dari joga sekitar 1,5 - 2 jam sampai ke telaga biru semin ini.

Akses menuju lokasi telaga biru semin adalah sebagi berikut : jika kita bersal dari jogja anda bisa lalui jalan ini jl Solo kemudian sampai Prambanan dan Klaten ambil arah Cawas selanjutnya ada pertigaan belok kiri ambil arah Sukoharjo, sesampainya di tugu perbatasan Sukoharjo dan Gunung Kidul akan ada jalan cor blok ganda ikuti saja jalan tersebut dan arahkan pandangan mata ke bukit kapur yang ada di depan, sampai deh. atau bisa search via google map di koordinat  : 7° 48′ 56.81″ S 110° 45′ 50.08″ E

Nah mudah bukan, jalan yang anda lalui pun indah juga, bisa digunakan untuk menikmati keindahan pesona Jogja. Wisata alam jogja dengan pesona khas Indonesia. Telaga biru semin, siap menyambut anda dengan keindahan alamnya serta keramahan wisata alamnya. Selamat berpiknik ya.......

Tag : Pesona Jogja
Back To Top