Hilangnya Sosok No 10 Di Timnas Italia Untuk EURO 2016

Advertisement
FASTER86.COM Perhelatan besar sepakbola Eropa tinggal beberapa hari lagi, dan semua timnas sudah menetukan siapa saja yang akan memakai kostum timnas dan no punggung yang ia kenakan. Dan yang menjadi pokok bahasan dan topik pembicaraan adalah hilangnya sosok no 10 di timnas Italia. Why ? Kenapa ? Sebagai tim dengan tradisi kuat di Sepakbola, Italia merupakan negara dengan sepakbola yang diperhitungkan. Namun pada pagelaran akbar ini, ada sedikit ganjalan bagi timnas Italia, yaitu pemakai no 10 nya.

Sudah bukan rahasia lagi kalau negara Italia selalu memberikan no 10 ini kepada pemain yang memiliki kemampuan diatas rata rata dan memiliki peran sebagai pembagi bola bagi para strikernya. Pada kesempatan kali ini, no 10 di berikan ke Thiago Motta, apa ada yang salah ? Memang tidak, tetapi jika kita lihat, no 10 di Italia selalu identik dengan pemain yang memiliki andil sebagi juru gedor.


Kita lihat sedikit ke belakang, era 90an, no 10 ini pernah dipakai oleh Baggio, Zola, Del Piero dan era 2000an no 10 ini dipakai oleh del Piero dan Totti. Dari semua ini, mereka adalah pemain dengan skill diatas rata rata dan memiliki kemampuan mencetak gol. Bukan mengecilkan peran Motta, tetapi jika kita lihat tradisi, sepertinya memberikan no 10 ke Motta adalah hal yang sangat memaksa.

Ya mungkin ini hak dari pelatih, tetapi jika kita lihat, sebaiknya no 10 ini lebih ke striker saja, dimana ada Pelle atau Zaza atau juga Immobile yang notabene adalah pemain depan. Memang Motta adalah pemain yang memiliki kemampuan di lini tengah, jika kita lihat dari segi tradisi, Motta seharusnya mengenakan no 8 atau 6, yaitu gellandang.

Matinya dalam tanda kutip no 10 di Timnas Italia ini karena era Totti dan Alex sudah berakhir, dan sekarang Italia belum menemukan pemain yang memiliki karakter no 10. Karakter seorang pemimpin dan pemain yang mampu membagi bola. Sebenarnya jika Marchisio dan Verati tidak cedera, mungkin Conte akan memberikan no 10 ini kepada doi berdua.

Timnas Italia di Euro 2000 : 

Boy Band Timnas Italia Di Euro 2000

No 10 di itaia adaah no yang sangat dkeramtkan, dan pemakai no ini seharusnya bisa menjadi contoh bagi lainya, mampu memimpin dan mampu membuat suasan pertandingan menjadi lebih hidup. Apakah Motta mampu ? Semoga saja, kita sebagai penggemar hanya bisa berdoa, agar Motta mampu menyandang no 10 ini dengan baik, dan menjadikan Italia menjadi juara.

Peran Motta sebagai pemakai no 10 ini hendaknya bisa memberikan contoh serta mampu menahan emosinya, karena bagaimanapun juga, no 10 di italia adalah identik dengan pemain dengan jiwa besar dan tahan emosi. So kita tunggu peran Motta sebagai jendral lapangan tengah Italia. Forza Gli Azzuri

Tag : Galeri Euro
Back To Top