Cara Melatih Mental Anak Agar Berani Dan Tidak Malu

Advertisement
Cara Melatih Mental Anak Agar Berani Dan Tidak Malu  Anak adalah anugrah terindah yang diberikan olah Allah SWT, karena dengan kehadiran ank, membuat hidup makin indah dan makin bermakna. Anak adalah harapan dan gantungan hidup, dan anak pula yang kelak akan meneruskan generasi kita. Anak yang sholeh adalah anak yang sangat kita harapkan,karena dengan anak yang sholeh, hidup kita sebagai orang tua menjadi lebih sempurna.

Namun kadang anak pula lah yang menjadikan kita menjadi orang tua yang kerap berurusan dengan orang lain, kadang kelakuan anak kita yang ngawur membuat orang lain menjadi berpikir anak siap to kok ngawur kelakuanya itu. Nah agar hal itu tidak terjadi, kita bisa membimbing anak kita agar menjadi ank sholeh sesuai yang kita harapkan. Memang semua itu ada prosesnya, dimulai dari saat masih mengandung, biasakan membaca Alquran, karen dengan membaca Al Quran secara rutin, calon bayi di dalam kandungan sudah diajak interaksi dan mengenalkan Allah dalam hatinya.



Setelah anak kita lahir, ada beberapa metode pendidikan anak agar kelak menjadi menjadi anak yang sholeh dan kita banggakan, serta mampu " mikul duwur mendhem jero " berikut cara dalam mendidik anak sesuai krietria di atas.

Cara Mendidik Anak Agar Kelak Menjadi Anak Yang Sholeh :
1. Biasakan bangun subuh dan melaksanakan sholat subuh berjamaah
Langkah pertama agar anak anda menjadi anak yang cerdas, sholeh dan berkepribadian bagus, anda sebagai orang tua harus mengajarinya bangun pagi untuk sholat subuh. Hal ini karena dengan bangun pagi, pikiran jadi fresh, mampu menyaring dan mengakulturasi ilmu. Udara pagi yang baik ini dapat melancarkan sistem peredaran darah di otak, karena hal inilah maka kecerdasan anak akan timbul.

Selain itu, bangun pagi ini membiasakan diri menjadikan anak yang disiplin, serta menjadikan anak mau bertanggung jawab. Bangun pagi pula lah yang mampu membuat mood anak ini akan baik.

2. Biasakan diri menjaga kebersihan
Ajari sedini mungkin bagaimana cara menjaga kebersihan, karena dengan kita memberikan contoh bagaimana pentingnya membuang sampah pada tempatnya inilah, kita secara tidak langsung mengajarkan syaraf motorik anak agar mau berinteraksi serta mau menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan badanya.

Menjaga kebersihan ini pula yang akan mebawa anak kita menjadi manusia yang cerdas, berperilaku bersih serta mampu menatap masa depan dengan selalu berpikir bahwa orang sukses itu berawal dari kita menjaga kebersihan.

3. Ajak anak berinterkasi dengan orang lain
Biasakan anak diajak berbicara dengan orang lain, diajari bagaiman tata krama, sopan santun dan diajari bagaimana bersikap kepada yang lebih dewasa. Ajari anak dengan bahsa anak anak, jangan pernah berbicara kasar di depan anak kecil, karena ini akan membuat anak menjadi lebih dewasa sebelum waktunya.

4. Selalu ingatkan anak saat waktu sholat tiba
Nah ini hal yang pokok, ingatkan anak sewaktu adzan tiba, ini akan membuat metal anak menjadi baik, serta membuat anak menjadi anak yang sholeh. Selain mengingatkan, kita juga perlu mencontoi, karena anak kecil ini perlu percontohan, bukan hanya di suruh.

Yap 4 resep ini, saya kira sudah cukup, jika anda mau melaksanakan apa yang saya tulis ini, niscaya keinginan anda memiliki anak yang sholeh yang sesuai dengan apa yang anda harapkan dapat terealisasi. Anak adalah kertas putih, tinggal bagaimana kita melukisnya, mau dijadikan apa, apakah benang kusut atau istana megah, itu semua di tangan anda sebagai orang tua. Selamat mencoba dan semoga anak anda menjadi anak yang sholeh maupun sholehah,,,amin

Back To Top