Bahayanya Anak Di Bawah Umur Bermain HP Yang Perlu Orang Tua Waspadai

Advertisement
Bahayanya Anak Di Bawah Umur Bermain HP Yang Perlu Orang Tua Waspadai  Dunia memang semakin modern dan makin canggih, semua yang kita kerjakan bisa dengan mudah kita kontrol dengan telpon genggam kita. Hp adalah alat yang bisa membuat kita menjadi malas maupun rajin, itu tergantung pribadi masing masing. Namun apa jadinya jika HP yang sudah canggih ini dipergunakan oleh anak kecil ? Mungkin banyak orang tua yang memberikan HP untuk sekedar bermain dan menenangkan anaknya, padahal itu adalah hal yang keliru.

Anak yang belum waktunya memegang atau bermain HP ini akan terpengaruh dengan Hp, pikiran, emosi serta kestabilan mental bisa terdampak dari Hp. Jika kita sebagai orang tua yang bijak, alangkah baiknya jika kita perlu mengantisipasi akan hal ini, tentu kita harus bisa mengontrol mana yang baik buat anak kita dan mana yang kurang baik buat anak kita.


HP jika digunakan untuk bermain game akan banyak dampaknya, dampak itu jika tidak kita ketahui akan membuat anak kita menjadi pecandu hp, adapun beberapa dampak penggunaan HP pada anak adalah sebagi berikut :

1. Anak menjadi lebih malas
Anak yang keseringan bermain game pada hp cenderung lebih malas, ini memang hal yang tidak mengada ada, karena anak akan tertuju pada hp saja, selain menjadi kurang aktif, anak yang terlalu keseringan main game pada hp juga membuat menjadi malas untu belajar.

2. Anak akan menjadi kurang konsentrasi
Hal ini karena konsentrasi ank kita terlalu tertuju pada Hp saja, dan jarang mau kalu di suruh belajar maupun makan, karena menurut dia hp sudah cukup.

3. Anak malas makan
Hal ini karena anak yang sudah candu main game lewat ponsel akan lebih senang daripada harus makan. Hal ini karena otak anak kita sudah penuh dengan imajinasi dan keinginan seperti apa yang ada di Hp.

3 Dampak tersebut sebenarnya sudah hal yang biasa, namun jika tidak kita antisipasi dari sekarang, ketergantungan akan HP akan membuat anak kita menjadi pecandu game di HP. Dan lebih fatalanya, jika game yang dimainkan itu tidak sesuai dengan umurnya, bisa berbahaya, karena pikiran anak yang masih kecil belum paham apa yang terkandung dalam game tersebut.

Oleh itu, kiranya kita sebagai orang tua harus lebih selektif maupun pro aktif mengawasi anak anak kita, jangan sampai anak kita membuka situs yang berbau dewasa dan konten konten yang dilarang. Ok perkembangan jaman kita ikuti, namun kita harus selktif dan mengajarkan mana yang terbaik buat anak kita. Semoga ini bisa menjadi renungan buat kita sebagai orang tua.

Back To Top