Tips Menjaga Keuangan Rumah Tangga Agar Tetap Stabil

Advertisement

Tips Menjaga Keuangan Rumah Tangga Agar Tetap Stabil

Hubungan keluarga yang harmonis adalah yang sangat didamkan oleh banyak pasangan suami istri. Anak yang sehat, keluarga yang utuh serta senyum dari hati akan membuat suasana hidup ini jadi lebih sempurna. Kesempurnaan hidup bisa tercipta jika kita benar dalam memanajemen semua kebutuhan hidup kita.

Asuransi hidup, asuransi kesehatan serta asuransi masa tua yang kita atur sedemikian rupa aakan membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah. Namun ada kalanya hal itu tidak terlaksana, karena kesalahan kita dalam mengatur keuangan rumah tangga.


Lalu hal apa saja ya yang perlu kita lakukan agar keuangan kita tetap stabil meski pendapatan kita pas pasan ? Berikut cara mengatur keuangan kita agar tetap stabil :

1. Biasakan Bangun Pagi
Lah apa hubunganya dengan bangun pagi, karena kesuksesan akan hidup kita itu tergantung dari pagi kita, jika kita terlalu sibuk dengan tidur, sikap malas akan menjangkiti kita. Sikap malas inilah yang akan merusak semua harapan dan ekspektasi kita akan keberkahan hidup.

Jika kita bisa bangun pagi, udara segar akan kita rasakan, energi positif akan kita terima, otomatis gairah kerja kita jadi meningkat. Karena kinerja kita yang kita pacu, maka hasil akan menjadi meningkat, otomatis keuangan akan membaik.

Ingat dalam Islam diajrkan agar kamu bangun pagi untuk sholat subuh dan menjemput rejekimu di pagi hari.

2. Beli Sesuatu Sesuai Kebutuhan
Jangan memaksakan suami anda untuk menuruti apa yang kamu inginkan, seharusnya sebagai istri harus paham benar seberapa gaji suami anda. Jika anda ingin menjadikan keluarga yang harmonis, syukuri apa yang suami beri, jadikan itu sebagi rejeki yang halal serta bekal untuk hari hari.

Beli yang seperlunya adalah kunci agar keuangan tetap stabil, jangan boros dan jangan terlalu membeli hal hal yang tak sesuai dengan gaya hidup kita. Jangan terlalu memandang keatas, pandanglah ke bawah.

3. Menabung
Anda harus pandai dalam menyisihkan pendapatan anda, jika sebulan pendapatan anda 2 juta, berarti anda harus menabung 20 % dari penghasilan anda. Tujuanya adalah agar kelak masa depan anak akan pendidikan dapat terealisasi.

4. Bisnis Sampingan
Nah anda harus cerdik dan pandai, anda harus memutarkan uang anda, bisa dengan jualan pulsa maupun jual bensin. kenapa dua barang tersebut, karena dua barang tersebut banyak dibutuhkan oleh orang banyak. Sehingga peluang membuka usaha itu kian terbuka.

5. Bersungguh - sungguh
Ini adalah kunci, bersungguh sungguh,,,jangan hanya ada di pikiran, tapi lakukan dari sekarang,,,,Buka mata hati anda, bahwa jika anda yakin, maka keberhasilan dalam mengatur keuangan akan anda raih.

Bersungguh sungguh ini pula bisa menjadi latar kesuksesan kita dalam segala hal, berniat di Jalan Allah SWT maka jalan mudah akan kita tempuh dan kita bisa menjadi manusia yang berhasil.

Kiranya cukup 5 hal itu saja yang bisa saya sarankan, anda bisa melaksanakan hal itu, maka kestabilan ekonomi keluarga akan anda raih. Semoga apa yang saya sarankan ini bermanfaat....

Tag : IPTEK
Back To Top