Pemain yang pernah memakai no 10 di juventus

Advertisement

Pemain yang pernah memakai no 10 di juventus

Setiap klub memang memiliki no punggung yang dihormati serta di keramatkan. Jika kita ingat acmilan, maka no yang disimpan dalam brangkasnya adalah 6 milik franco baresi, dan no 3 milik keluarga maldini. Nah sama halnya pada klub juventus, ada no yang dikeramatkan. 

No 10 adalah no yang paling jadi favorit di Juventus, mengapa no ini menjadi paling favorit di klub nyonya tua ? Sejarah no 10 ini sangat panjang di juventus, dimana no ini memilki daya magis yang hanya bisa dipakai oleh orang yang memiliki kemampuan tiada duanya. No 10 juventus ini memang digunakan para attacante attacante maupun triquartista yang memiliki kemampuan lebih.

Nah buat sobat faster86. com, yuk kita simak siapa saja pemain yang pernah memamkai no punggung 10 di klub juventus. 


1. Giampiero Boniperti
Pemain yang pertama kali membuat no punggung 10 begitu di hormati di juventus, boniperti. Pemain yang berposisi sebagai striker ini adalah top skor juventus sebelum di patahkan rekornya oleh alsssandro del piero. Boniperti bermain bersama nyonya tua dari tahun 1946 - 1961 dengan membawa juventus meraih 5 gelar scudeto dan 2 copa italia.

2. Omar Sivori
Pemain yang pernah meraih pemain terbaik eropa pada tahun 1961 ini. Omar sivori bermain untuk juventus era 50an sampai 60an. Pemain yang memiliki kemampuan mencetak gol tinggi ini zaman dahulu sangat ditakuti lawan.

3. Liam Braddy
Liam Brady hanya bermain dua musim untuk Juve, namun berhasil memborong dua trophy Liga Italia Serie A sekaligus pada 1981 dan 1982. Bermain sebagai seorang midfielder, pria asal Irlandia ini terbilang subur menjaringkan 15 gol dalam 76 pertandingannya untuk La Vechia Signora. 

Namun kemudian Brady cepat tergusur, karena Juventus mendatangkan seorang calon legenda besar bernama Michel Platini pada tahun 1982. Liam Brady akhirnya hijrah ke Sampdoria. Namun catatan pentingnya, dia sukses memberi kontribusi yang sangat signifikan dalam masa pengabdian yang relatif singkat.

4. Michel Platini
Pemain asal perancis ini adalah legenda yang pertama kali membawa juventus menjuarai liga champions. Pemain yang memiliki tendangan pisang ini adalah orang yang paham betul mengenai apa itu perjuanagn. Dia mengenakan seragam zebra hitam-putih dari tahun 1982 hingga 1987. Aneka koleksi gelar individual dan berbagai piala yang diraihnya, menunjukkan seberapa hebatnya sang playmaker ini. 

Platini sukses mempersembahkan Coppa Italia 1983, Scudetto 1984 dan 1986, Piala Winner dan Piala Super Eropa tahun 1984, serta tophy Jawara Eropa dan Piala Interkontinental pada 1985. Secara individu, Platini sukses menggondol gelar Ballon d’Or tiga tahun berturut-turut: 1983, 1984, dan 1985.

5. Roberto Baggio
Kala pensiunya platini, banyak perdebatan di italia, siapa pewaris no punggung 10 di juventus, akhirnya managemen bergerak cepat, didatangkanlah seorang roberto baggio. Pemain berambut kuncir ini didatangkan dari fiorentina dengan mahar 8,5 juta euro yang kala itu memecahkan rekor dunia. 

Baggio pun menunjukkan magisnya dengan mengenakan no 10 di juventus, aksi serta kepemimpinanya membawa juventus juara piala uefa dan saat itu menasbihkan diri sebagai pemain terbaik dunia pada tahun 1993. Selama berkarier di juventus, baggio berhasil mencetak 78 gol dalam semua laga.

6. Alssandro Del Piero
Pada masa kedatangan del piero ke juventus, no punggung 10 masih dikenakan il capitano baggio yang kala itu masih menjadi pujaan juventus dan dunia. Seiring perkembangan waktu dan seringnya baggio cedera, maka sosok del piero ini mampu mengisi apa yang diperanankan leh baggio.

Pada saat dilatih lippi inilah karier emas del piero meroket, yang kala itu memaksa baggio pergi. Nah karena kepergian il capitano ke milan inilah no 10 akhirnya dikenakan oleh il pinturiccio del piero. Selama karier di juventus, del piero merupakan sosok yang sangat dikagumi serta memiliki jiwa patriot tinggi.

Jiwa patriotismenya ini terbukti dengan ale setia bersama juventus meskipun bermain di serie b. Ale berhasil membawa juventus kembali lagi ke serie a. Kesetiaan del piero inilah , yang kala itu ingin memuseumkan no 10 juventus. Namun sang maestro tidak mau, biar no 10 tetap ada.

Saat del piero pensiun, di kubu juventus terjadi perdebatan siapa pewaris no 10, ada yang mengatakan buffon, ada yang mengatakan marchisio. Perlu diketahui, memang no 10 digadang akan diwariskan kepada marchisio, namun yang berkenan memakai ( marchisio -red ) tidak mau. Marchisio takut kalau no yang selama ini dikaitkan dengan bintang besar juventus ini kurang bersinar pamornya.

Akhirnya juventus berhasil mewariskan no punggung 10 ke pemain yang baru dibeli, yaitu carlos tevez. Tevez memang mau ke juventus jika mengenakan no 10.

7. Carlos Tevez
Banyak yang bertanya tanya, kenapa pemain yang baru dibeli sekaligus memiliki label pemain nakal ini mengenakan jersey no 10 di juventus ? Pertanyaan ini muncul ke permukaan, namun perlahan, tevez berhasil membuktikan kapasitasnya. Berkat aksi aksi brilian serta gol golnya, akhirnya publik juventus bersedia mengakui tevez sebagai pemilik 10 selanjutnya.

8. Paul Pogba
Setelah tevez memutuskan untuk kembali ke boca junior, no 10 lagi lagi kosong, nah banyak bermunculan, kalau no 10 ini akan dipensiunkan. Setelah lama terjadi perdebatan, akhirnya no 10 diberikan ke paul pogba. Wow mengapa no 10 ke pogba ? Usut punya usut, no 10 ke pogba ini agar si pemain tidak pindah.

Dan kepercayaan managemen tidak salah, pogba dengan no 10 nya mampu membawa juventus menguasai liga italia hingga pekan ke 32 dan sedikit lagi akan menjuarai liga serie a. Pogba dan no 10 sudah on fire....

Giman sobat juventini,,,,,sudah tahukan siapa saja pemilik no 10 di juventus ? Semoga info yang tim bagi ini dapat menambah ilmu serta kecintaan juventini pada juventus,,,,,,,

Salam dari faster86.com.......Forza juve  ,,,,,Finno Alla Finne.......
Tag : SEPAK BOLA
Back To Top