Cara Mudah Membedakan Busi Yang Asli Dengan Yang Palsu

Advertisement

Cara Mudah Membedakan Busi Yang Asli Dengan Yang Palsu

FASTER86.COM  Busi adalah komponen yang penting dalam proses pembakaran, baik motor 2 tak maupun 4 tak. Busi memiliki fungsi untuk memercikkan api sehingga proses pembakaran pada ruang bakar dapat tercipta.

Busi ini jika kita salah dalam memilih bisa bisa kita mendapatkan busi dengan kualitas abal abal, tentu sobat otofaster86 tahu gimana rasanya menggunakan busi bajakan itu, nyalanya kecil sehingga pembakaran kurang sempurna.

Nah apa saja akibatnya jika kita menggunakan busi yang palsu itu ? Berikut beberapa akibat jika kita menggunakan busi palsu :
  • Nyala api kecil, sehingga pembakaran kurang sempurna
  • Membuat boros bahan bakar
  • Banyak mengeluarkan uang, karena busi mudah mati, dan itu membuat kita membeli busi lagi
Nah akibat yang ditimbulkan dari penggunaan busi palsu, tentu kita sebagai konsumen merasa rugi dengan pemalsuan busi ini. Lalu bagaiamana cara kita membedakan busi asli dengan yang palsu, menurut salah satu mekanik, ada beberapa ciri utama busi yang asli dengan yang palsu. 


" Busi asli memiliki ulir/drat yang rapih dan lebih halus dari yang palsu. Penulisan serial part number pada busi asli rapih tidak terlalu hitam sedangkan busi palsu hitam pekat," ujarnya menjelaskan bagian-bagian busi yang harus diperhatikan saat membeli.

" Kemudian bagian insulator/keramik pada busi asli, warnanya tidak terlalu putih (putih susu), sedangkan busi palsu putih cerah. Plating metal shell yang asli terbuat dari besi baja kuat dan tahan panas, warna lebih cerah dan tidak pudar walaupun disimpan lama, sedangkan busi palsu warnanya agak buram dan mudah berkarat." tambahnya.

Baca juga : 
Cara Membuat Motor Rx King Jadi Kencang
Cara Membuat Rx King Jadi Irit

Nah mudahkan sobat FASTER86.COM cara membedakan busi yang asli dengan yang palsu itu, tentu kalau kita sudah tahu, kita harus lebih teliti dalam membeli busi.

Semoga apa yang tim bagi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, tetap jaga keselamatan dalam berkendara, dan safety riding harus kita pakai.

Tag : OTOMOTIF
Back To Top