Cara Alami Mengobati Sariawan Yang Sangat Menyiksa

Advertisement

Cara Alami Mengobati Sariawan Yang Sangat Menyiksa

Sariawan adalah penyakit yang sangat menggangu dan datangnya tanpa diduga dan dinyana. Sariawan ini bisa terjadi karena pengaruh cuaca atu juga karena kekurangan vitamin pada tubuh kita. Tentu semua orang termasuk admin juga pernah merasakan sakitnya sariawan yang sangt menyiksa.

Sariawan ini bisa timbul karena hormon yang tidak stabil serta kekurangan air atau cairan di dalam tubuh. Sariawan ini juga bisa karena bakteri yang ada di dalam mulut. Lalu kira kira apa saja ya yang menyebabkan terjadinya sariwan itu ? Berikut beberapa penyebab sariwan :
  • Kurang cairan dalam tubuh, ini akan mengakibatkan daya tahan tubuh menjadi lemah, sehingga kestabilan hormon menjadi menurun, jika ini tidak diantisipasi, maka bagian mulut akan menjadi kering, dan ini adalah awal mula timbulnya sariawan
  • Karena luka yang disebabkan oleh pukulan atau terkena benda dibagian sekitar mulut, ini juga bisa menjadi penyebab sariawan ( lumpang ). Luka pada bagian bibir ini bisa menyebabkan sariawan
  • Karena sering menggosipkan orang lain atau bahasa jawanya Nggrenengi, ini memang tidak ada sangkut pautnya dengan kesehatan, namun jika kita kaji, kebiasaan menggunjing orang lain ini akan berdampak pada bibir kita, salah satunya adalah sariawan.
  • Kurang menjga kebersihan mulut
Nah jika kita sudah tahu apa saja yang menjadi penyebab sariawan ini, lalu bagaimana cara kita mencegah agar tidak terjadi sariawan, ada 3 cara mudah dalam mencegah sariawan ini, berikut trik mencegah agar tidak terjadi sariawan pada diri kita :
  • Makan makanan yang bergizi serta banyak mengandung serat, seperti sayuran, buah buahn
  • Perbanyak minum air putih
  • Jangan menggunjing keburukan orang lain
Nah jika langkah pencegahan telah kita lakukan, dan kita masih terkena sariawan, lalu bagaimana usaha kita agar penyakit tersebut bisa kita sembuhkan dengan cepat. Ada beberapa cara mengobati sariaawan, ada yang menggunakan cara medis maupun non medis. Maksudnya cara medis adalah denag berobat ke dokter, sedangkan cara non medis adalah dengan obat alami. 


Lalu obat alami yang seperti apa ya yang cocok untuk menyembuhka sariawan, berikut beberapa bahan alami untuk mengobati sariawan :

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa ini banyak sekali mengandung zat protein nabati, yang sangat baik jika kita gunakan. Protein nabati ini bermanfaat dalam proses penyembuhan luka, salah satunya adalah sariawan atau lumpang, car mengobatinya adalah dengan mengoleskan pada bagian yang sariawan.

Memang nanti terasa perih, tidak apa apa, karena ini akan berfungsi untuk mengganti kulit yang rusak pada bibir maupun lidah kita.

2. Berkumur dengan air garam
Wah memang rasanya sangat menyiksa, namun air garam ini terbukti manjur dalam membunuh kuman penyebab sariawan serta mampu mebersihkan luka akibat sariawan tersebut.

3. Menggunakan kunyit
Kunyit adalah bahan alami yang banyak mengandung antiseptik yang baik untuk mengobati luka. Cara menggunaknya adalah dengan mencampur dengan air hangat lalu dikumurkan, selain itu bisa ditumbuk hingga halus lalu tempelkan kunyit tadi pada bagian yang luka.

4. Dengan irisan bawang putih
Bawang putih merupakan bahan alami yang mengandung zat antiseptik, baik untuk penyembuhan. Caranya adalah dengan memotong kecil atau tipis, lalu tempelkan pada luka sariawan, selama 1 menit. Setelah itu kumur dengan air yang bersih.

Nah bagaimana sobat faster86.com, mudahkan cara mengatasi sariawan itu. Mulai dari sekarang biasakan hidup bersih, jaga hati jaga mulut kita dan juga makan yang banyak mengandung serat. Salam sehat dan nikmati apa yang ada ini sebagai anugrah...............................

Tag : Kesehatan
Back To Top