Teknik mina padi, teknik sederhana sekali tanam keuntungan berlipat

Advertisement

Teknik mina padi, sekali tanam keuntungan berlipat

Seiring tuntutan ekonomi dan daya beli masyarakat yang semakin tinggi, membuat kita harus lebih bisa memanfaatkan apa yang sekiranya bisa kita manfaatkan. Mulai dari pengolahan barang bekas, pembuatan ekonomi kreatif, hingga pembuatan teknologi sederhana dalam hal penanaman padi. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, padi adalah komoditas paling utama negara indonesia. Tentu kita masih ingat zaman Pak Harto dahulu, dimana kita dijuluki negara agraris penghasil komoditas padi terbesar se asia. Memang dengan wilayah yang luas, sudah sewajarnya kita dijuluki negara agraris. Seiring berjalanya waktu, untuk menambah hasil dari tanaman padi, banyak petani di era sekarang yang menerapkan teknik mina padi. Teknik mina padi ini memilki hasil yang lebih baik dan tentu lebih banyak. Karena apa ? Dalam sekali panen, para petani akan mendapatkan 2 hasil. 


1. Pengertian apa itu teknik mina padi
Teknik mina padi adalah suatu teknik tanam padi dimana sela sela tanaman padi yang banyak airnya itu digunakan untuk memelihara ikan. Mina adalah ikan, dan padi adalah tanaman beras. Dua teknik yaitu penggabungan tanam, dan ternak ikan.

2. Keuntungan teknik mina padi 
Ada banyak keuntungan dalam teknik mina padi ini, selain dapat menyuburkan tanaman, juga ada banyak hal. Berikut keuntungan teknik mina padi ini :
  • Tanaman menjadi lebih subur, karena terjadi simbiosis mutualisme antara padi dan ikan yang hidup di lahan padi ini
  • Hasilnya bisa dua kali lipat, padi dan ikan
  • Tanah menjadi lebih subur
  • Irit pupuk, karena kotoran ikan bisa berfungsi sebagi pupuk
Nah keuntungan keuntungan inilah yang bisa kita dapat jika kita menggunakan teknik mina padi ini. Tentu anda jadi kepingin untuk melaksanakan teknik mina padi ini. Lalu bagaimana cara pelaksanaanya ya. 


3. Pelaksananan teknik mina padi 
Ada beberapa fase atau langkah dalam pelaksanaan proses mina padi ini, berikut tata cara pelaksanaan teknik mina padi agar hasil lebih bagus :
  • Tanah yang gembur kemudian ditutup menggunakan mulsa, kemudian ditanami padi sesuai dengan jarak yang ditentukan.
  • Jika ingin menggunakan pupuk maka sebar dahulu pupuknya, kemudian baru disebar benih ikan.
  • Bila usia padi telah 15 hari maka benih ikan bisa di sebar.
  • Tinggi air untuk ikan sekitar 60 sampai 70 cm saja.
  • Setelah usianya 3 bulan maka bisa dipanen.
  • Berikan lubang sedalam 1 meter di pojokkan sawah untuk memanen ikan, sehingga ketika air disurutkan seluruh ikan akan mengarah ke pojok dan siap dijaring
  • Berikan jaring pada tepi sawah guna mencegah adanya hama
  • Berikan jaring pada bagian atas sawah untuk mencegah adanya hama burung
  • Beri makan ikan menggunakan pelet ketika pagi dan sore hari
  • Bersihkan keong yang berada di sawah agar tidak mengganggu pertumbuhan padi, keong juga bisa dimasak menjadi sate atau oseng.
Nah pelaksanaan teknik mina padi ini akan lebih berhasil jika kita lebih teliti dan lebih paham dengan kondisi atau konstur tanah yang kita gunakan. Sedikit tips, agar lebih baik hasil dua duanya, setelah ikan disebar, hendaknya kita rajin memeriksa apa yang terjadi dengan mina padi kita, perhatikan secara seksama bagaimana jalan masuknya air, pemberian pupuk kandang dan pupuk yang tidak mengganggu perkembangan ikan. Teknik silang ini sudah digunakan di berbagai daerah di Indonesia, dan hasilnya top markotop. Banyak hasil, banyak ikan, banyak rejeki yang varokah,,,,aminnnnnnnnnn
Tag : IPTEK
Back To Top