Tahun 1985 adalah awal juventus menguasai eropa

Advertisement

Tahun 1985 adalah awal juventus menguasai eropa

Tahun 1985 adalah tahun yang manis buat la vecchia signora alias si nyonya tua juventus. Yap di tahun itu, juve berhasil merengkuh semua piala yang ada di eropa. Mulai dari liga hingga piala champion eropa.

Tahun itu juga sebagai penasbihan diri bahwa juve dengan mr. trap adalah tim dengan segudang pemain berbakat yang menghiasi setiap timnas negara eropa. Juve tahun itu adalah awal dari jati diri juve yang sesungguhnya.


Pada tahun 1985,  saat itu liga italia memang juaranya bukan juventus, tetapi verona. Tapi di level eropa, juve bisa menunjukkan prestasi yang luar biasa. Ada beberapa faktor yang bisa membuat juve tahun itu menjadi tim yang menakutkan di eropa. 

1. Faktor mr. trap
Mr trap atao giovanni trappattoni adalah pelatih yang disiplin, pandai meracik tak tik jitu serta memilki kejeniusan dalam meracik tak tik. Pada musim pertamanya menangani juve atau tepatnya pada musim 1976-1977, juve dibuatnya langsung juara serie a, plus juara uefa. Suatu prestasi yang menterng bukan. Mr trap adalah orang yang berhasil membuat michel platini menjadi sosok yang ditakuti lawan. 


Berkat tangan diniginya, juve melanglang hingga akhirnya bisa menjuarai piala champions untuk yang pertama kalinya dalam sejarah juventus. Mr trapa adalah contoh pelatih yang paling dihormati dan disegani para pemain juentus maupun pemain lawan.

2. Kepimimpinan Michel Platini
Sosok kapten yang satu ini memang menjadi panutan para rekan baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan. Selain memimpiin para rkan, platini juga sosok yang hebat dalam mencetak gol. Terbukti dengan 3 kali berturut turut meraih capocanonieri di serie a, pada musim 1983, 1984,1985.


Michel paltini ini pula yang mencetak gol ke gawang liverpool dalam final piala champion 1985 lewat titik penalti. Sosok pemain yang satu ini juga piawai dalam melakukan tendangan bebas. Dan yang tentu diingat, adalah gaya tendangan pisang ala platini, yang saat itu merupakan penendang bebas terbaik eropa dan dunia.

Bersama juve, platini juga mendapat penghargaan pemain terbaik dunia, ini tak lepas dari jasa platini membawa juve menguasai eropa. Juve saat itu adalah pusat dari sepekbola dunia.

3. Perjalanan juve di piala champions 1985
Dalam menempuh liga champions musim itu, juve melewatinya dengan sangt mudah, pada babak pertama juve dapat melibas juara finlandia yaitu tampere united dengan agregat 6 - 1.

Lanjut di babak kedua, juventus bertemu dengan tim dari swiss yaitu grashopper. Tak tanggung tanggung, juve dapat memupus tim swis itu dengan agregat 6 - 2.

Babk ketiga mempertemukan juventus dengan juve dengan sparta praha, dan lagi lagi juve berhasil lolos dengan agrgat 3 - 1. Juve pun lolos ke semifinal untuk bertemu boardeaux.

Pada pertemuan pertama di kandang tim prancis itu, juve harus menelan pil pahit dengan kekalahan 
2 - 0. Pada leg kedua, juve berhasil membalas dengan skor 3 - 0, dan akhirnya juve nelaju ke final untuk berhadapan dengan liverpool.

Pada laga final yang dihelat di heysel,juve harus merelakan 39 para suporternya yang meninggal karena saling berdesakan. Peristiwa ini juga disebut sebagai tragedi heysel.

Laga final ini akhirnya juve berhasil membayar lunas nyawa yang tak berdosa ini dengan juara, setelah final berakhir dengan skor 1 - 0, gol dicetak Platini melalui penalti setelah striker juve yaitu boniek dijatuhkan oleh pemain liverpool.

Juve menjadi juara champions untuk yang pertama kalinya. Gelar juve semakin lengkap dengan juve meraih juara dunia antar klub setelah berhasil mengalahkan argentinos junior dengan skor 2 - 2 dilanjutkan adu penalti 4 -2. Lengkap sudah gelar juve saat itu. 

Para pemain juve musim 1985 :

Goalkeeper (  penjaga gawang )
Luciano Bodini
Stefano Tacconi

Defender ( pemain bertahan )
Sergio Brio
Antonio Cabrini
Nicola Caricola
Luciano Favero
Bruno Limido
Vincenzo Mastrototaro
Stefano Pioli
Gaetano Scirea

Midfielder ( pemain tengah )
Massimo Bonini
Aldo Dolcetti
Giovanni Koetting
Michel Platini
Cesare Prandelli
Marco Tardelli
Beniamino Vignola

Forward ( pemain depan )
Zbigniew Boniek
Massimo Briaschi
Mauro Deriggi
Paolo Rossi
Michele Scola

Demikian yang dapat saya rangkum ya sobat faster86.com, semoga apa yang saya tulis ini dapat memberi manfaat serta dapat menambah pengetahuan sobat juventini. 

Salam dari penulis,,,,,,,,,,,,,,,Finno Alla Finne..........................................................................
Tag : SEPAK BOLA
Back To Top