Sejarah juventus pada musim 1997 - 1998

Advertisement

Sejarah juventus pada musim 1997 - 1998

Musim 97 - 98 adalaha awala mula saya mengenal klub Juventus dan liga italia. Dimana saat itu, liga italia baru hot hotnya dan banyak bintang berkumpul di liga yang saat itu dijuluki liga paling kompetitif. Liga Italia musim 97 - 98 adalah liga yang paling seru, dimana saat itu, tim kesayanganku yaitu Juventus sedang seru serunya melawan tim intermilan yang saat itu masih diperkuat si plontos ronaldo dan ivan zamorano. Musim 97 - 98 adalah musim yang menegangkan, karena saat itu, para fans intermilan menuduh juventus banyak diuntungkan oleh wasit. Tapi anggapan itu, berlalu sudah, seiring prestasi Juventus yang lagi hebat hebatnya. Dengan perpaduan antara para pemain senior dan yunior, membuat juve menjadi tim yang paling disegani di liga italia. 


1. Faktor pelatih
Musim 97 - 98 atau saat itu juventus memilki pelatih yang jeli dalam mengatur strategi, yap dia adalah marcello lippi. Pelatih dengan ciri khas cerutu di tangan ini mampu membawa juventus menampaki klasemen hingga juara. Pelatih yang satu ini, selin pintar dalam mengutak atik startegi, juga pintar dalam membuat suasana rung ganti juve jadi adem. Pelatih berpaspor italia ini juga yang bisa mengasah kemampuan para pemain muda, mulai dari del piero, zidane , davids dan inzaghi.

2. Para pemain yang hebat 
Juve menjadi jura liga italia saat itu berkat para pemain juve yang lagi mentereng. Del piero yang saat itu menjadi pencetak gol terbanyak bagi juventus, dengan torehan 21 gol di liga italia dan 32 secara keseluruhan merupakan pemain harapan italia. Selain faktor del piero, para pemain lain yang sangat berkontribusi adalah faktor kepemimpinan conte dan zidane di leni tengah. Bahkan saat itu, lini tengah juventus menjadi yang terkuat di eropa. 

3. Formasi 4 - 4 - 2 yang bisa beralih ke 4 - 3 - 1 - 2
Formasi dasar juve saat itu adalah 4 - 4 - 2 yang top, dengan para pemain yang tepat pada posisinya inilah juve menjelma menjadi tim yang sangat ditakuti. Dengan 2 bek jangkar yang kuat, antara ciro ferrara dan dimas, bek juve ini termasuk yang paling kuat, bek kiri gianluca pesssoto serta kanan moreno torricelli menjadikan bek juve ini sebagai bek yang paling top. 

Untuk lini tengah, jangan tanya lagi, 4 gelandang energik juve menghiasi dengan tampilan yang lebih kuat. Deschamps, Conte, Zidane dan Davids. 4 Gelandang ini saling bahu membahu lini tengah juve, dan kadang pola sejajar ini berubah menjadi satu playmaker yang diperankan oleh Zidane.  

Untuk urusan daya gedor, juventus saat itu memilki penyerang muda yang top, duet Del - Pippo adalah contoh paling hits saat itu. Duet maut ini dapat menciptakan lebih dari 50 gol dalam semusim bersama Juventus dalam semua laga Juventus. Duet yang diakui oleh eropa, perpaduan yang pas, dimana Inzaghi sebgai tergetman, dan Del Piero penyuplai bola.

4. Intrik dengan Inter Milan
Liga Italia musim itu, menjadi laga yang sengit antara Inter vs Juve, dimana faktor non teknis sering menjadi bumbu dalam setiap minggu. Mulai dari ulah para pemain hingga saling ejek antar suporter. Kejadian bermula saat inter keberatan dengan para petinggi liga italia, yang menyebutkan bahwa juve kerap diuntungkan dengan banyaknya penalti. Tetapi semua itu tak menyurutkan para petinggi liga, dan mengatakan bahwa " Inter sebaiknya fokus ke liga saja, jangan bikin gaduh ". Nah faktor lain adalah saat akan terjadi derbi d italia, antara Juve dengan inter. Saling perang urat syaraf menjadi bumbu yang sangat sedap untuk dinikmati. 


Pertemuan pertama juve vs inter terjadi pada 4 Januari 1998 dimana tim juve harus mengakui keunggulan inter berkat gol yang dicetak oleh Youri Djorkaeff. Pada pertandingan tersebut berjalan dengan sangat ketat, dimana dua kubu menampilkan para bintang terbaiknya, sayang juve harus mengakui keunggulan atas intermilan.

Lanjut di leg kedua atau pertemuan kedua,, giliran juve yang menjamu intermilan, terjadi pada 26 April 1998, akhirnya juve dapat membalas sakit hati, juve mengalahkan inter berkat gol yang dicetak King Alex. 1 - 0 juve menjauh dari kejaran inter dalam perburuan scudetto. 

Minggu demi minggu dilalui, hingga akhirnya juve mencapai juara pada pekan ke 33 juve berhasil meraih scudetto berkat mengalhakan bologna dengan skor 3 - 2 pada tanggal 10 Mei 98. 3 gol juve dicetak oleh Inzaghi. Pertandingan yang hebat, musim belum selesai, juve sudah menasbihkan diri menjadi juara liga italia.....tepuk tangan,,,he he he 

Baca juga : 
Pemain paling loyal pada juventus

5. Pencetak gol terbanyak Juve musim 97 - 98


Pada musim ini, juve termasuk tim yang produktif, dengan statistik 34 main, menang 21 kali, draw 11 kali dan hanya 2 kali kalah. Jumlah memasukkan 67 gol dan hanya kemasukan 28 gol. Rekor yang menunjukkan tim dengan penyerang yang kuat serta pertahanan yang kuat pula. Dengan point 74, juve menjuarai liga dengan meninggalkan intermilan dengan point 69. Berikut daftar pencetak gol terbanyak juve musim 97 - 98 :
  • Alessandro Del Piero dengan 21 gol ( 3 dari penalti )
  • Fillipo Inzaghi dengan 18 gol
  • Zinedine Zidane dengan 7 gol
  • Daniel Fonseca dengan 4 gol 
  • Antonio Conte dengan 4 gol
6. Skuad Juve Musim 1997 - 1998
Pada musim ini, juv dihuni oleh para bintang yang hebat dan memilki kemampuan yang sulit untuk digantikan. Antar pemain memilki kedekatan emosi yang tinggi, sehingga suasana ruang ganti jadi nyaman. Berikut daftar pemain juventus musim 1997 - 1998 :

1      Angelo Peruzzi ( penjaga gawang )
2      Ciro Ferrara
3      Moreno Torricelli
4      Paolo Montero
5 Fabio Pecchia
6 Dimas
7 Angelo Di Livio
8 Antonio Conte (captain)
9 Filippo Inzaghi
10 Alessandro Del Piero
11 Michele Padovano
12 Morgan De Sanctis ( penjaga gawang )
13 Mark Iuliano
14 Didier Deschamps
15 Alessandro Birindelli
16 Nicola Amoruso
17 Michelangelo Rampulla ( penjaga gawang ) 
18 Daniel Fonseca
20 Alessio Tacchinardi
21 Zinedine Zidane
22 Gianluca Pessotto
23 Marco Zamboni
24 Raffaele Ametrano
25 César Pellegrín
26 Edgar Davids
27 Marcelo Zalayeta
30 Rudy Nicoletto
31 Salvatore Aronica
32 Luigi Giandomenico
33 Massimiliano Zazzetta
35 Marco Rigoni
36 Lorenzo Morandini

Nah skuad yang ada pada juventus musim itu melambngkan kekuatan tim juventus yang sesungguhnya. Dalam menapaki menjadi scudeto musim itu, juve harus bersaing ketat, tetapi tim kesayangan juventini ini mampu mengalahkan para pesaingnya. Juve menjadi juara juga tak lepas dari para fans yang selalu setia memadati Delle Alpi ( red, markas juve dahulu ) setiap minggunya. Liga italia saat itu juga menjadi penasbihan diri bagi para talenta italia........Salut........Finno Alla Finne,,,,,Grazie,,,,,

Tag : SEPAK BOLA
Back To Top