Kenapa yamaha rx king cepat panas

Advertisement

Kenapa yamaha rx king cepat panas

Kenapa motor yamaha rx king cepat panas ? Itu adalah pertanyaan yang sering sobat bikers keluhakan saat ada di bengkel maupun saat kongkow bareng teman maupun klub rx king. Pertanyaan yang mudah, namun memerlukan jawaban yang mendetail.

Yamaha ataupun motor 2 tak memang mudah panas, itu hal wajar, karena prinsip dasar motor 2 tak adalah dalam sekali putaran / putaran poros engkol terdapat sekali usaha. Jadi jang heran kalau motor 2 tak, terutama motor rx king itu cepat panas.

Jika motor rx king itu cepat panas, bisa berakibat " seker ngancing " atau dalam ilmu otomotif namanya knocking. Knocking adalah proses dimana motor mengalami panas yang berlebihan pada toraknya, sehingga bisa menyebabkan motor akan macet.


Itu adalah pengertian dasar dari knocking atau panas yang terlalu pada motor, lalu apa saja penyebab terjadinya knocking atau motor cepat panas ? Berikut penyebab terjadinya knocking atau motor terutama yamaha rx king cepat panas : 

1. Silinder kop rx king dan pistonya kotor


Penyebab utama terjadinya mesin yamaha rx king cepat panas adalah runag bakar rx king yaitu silinder kop dan pistonya kotor. Dua organ ini jika kotor, maka jumlah pemasukan bahan bakar di dalam ruang bakar jadi berkurang. Ini akan mendorong terjadinya mesin mudah panas. Memang kenapa kalau jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar jadi sedikit mesin cepat panas ?

Karena ruang bakar yang panas ini, jika suplaian bahan bakar cuam sedikit, bisa mnyebabkan mesin jadi panas, karena tekanan yang tinggi pada ruang bakar. Jika masalah ini tidak kita tangani secara serius, ini akan mengakibatkan mesin motor jadi mati, atau dalam istilah jawanya " seker ngancing ".

Nah kalau mesin kita terasa panas, sebaiknya silinder kop rx king kita segera bersihkan. Jika punya uang ya dibawa ke bengkel, jika lagi tipis dirumah juga tidak apa apa. 

2. Kompresi yang terlalu tinggi
Ini juga bisa menyebabkan motor rx king jadi panas, kompresi tinggi menyebabkan mesin cepat panas. Jika kompresi terlalu tinggi, tanpa kita imbangi dengan pemasukan bahan bakar yang banyak, maka mesin rx king kita akan cepat turun. Jika kompresi terlalu tinggi, sebaiknya perpak silinder kop kita tambahi, memang penambahan perpak ini menyebabkan tenaga mesin jadi berkurang.


Penambahan atau penebalan perpak ini bisa menjadi trik kita untuk sedikit menurunkan panas mesin motor yamaha rx king kita. 

3. Saluran buang yang tidak lancar
Salah satu penyebab kenapa rx king cepat panas adalah karena saluran buang yang tidak lancar. Saluran buang yang tidak lancar ini berakibat pada tenaga yang dihasilkan akan menurun, serta suhu ruang bakar jadi menigkat. Oleh karena itu, sering periksalah saluran buang atau knalpotnya. Jika saluran buangnya bersih dan lancar, maka kemungkinan motor yamaha rx king jadi cepat panas dapat sedikit teratasi.

Nah jika cara cara diatas kita terpkan dengan benar, dan kita sudah tahu apa yang menyebabkan motor yamaha cepat panas, maka sebaiknya perawatan harus sesering mungkin kita akukan, agar mesin dan performanya jadi lebih ok.

Sekian trik dari saya, apabila banyak salah, saya mohon maaf...salammmmmmm nggggguuuuuuooookkkkkkkkkkkkk.............................................................
Tag : OTOMOTIF
Back To Top