Juventus musim 1994 - 1995 adalah tim dengan para bintang

Advertisement

Juventus musim 1994 - 1995 adalah tim dengan para bintang

Juventus musim 1994 - 1995 adalah musim dimana si nyonya tua dihuni para bintang timnas italia maupun para bintang di negaranya masing masing. Pada musim itu, juve berhasil menjuarai serie a liga italia. Musim yang indah, dengan perpaduan pemain yang hebat pula.

Pada musim yang hebat ini, ada beberapa faktor yang mempengaruhi juventus sehingga bisa menjadi juara serie a. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi juventus bisa menjadi juara serie a :


1. Kepemimpinan dari pelatih anyar
Pelatih juve saat itu baru saja menunjuk marcello lippi sebagi arsitek baru, menggantikan sang maestro sebelumnya yaitu Giovanni Trapattoni. Marcello lippi adalah pelatih yang dihormati, disegani dan bisa membuat suasana ruang ganti pemain jadi lebih hangat.

2. Gaya permainan juve yang bagus
Musim ini adalah musim yang baik bagi juve, perpaduan para talenta muda dan para maestro membuat permainan juventus jadi pusat perhatian eropa. Tak tik yang digunakan lippi cukup nyetel dengan gaya permainan juventus.

3. Duet Ravanelli - Vialli


Duet juventus yang ini cukup produktif saat itu, dengan sumbangan sebanyak 15 gol oleh ravanelli, dan 17 gol oleh Vialli. Duet yang bagus tentunya, apalagi dengan kemunculan sosok anak muda yang mampu menggeser pemain senior juve sekaligus sang kapten ( Baggio ) yaitu Alessandro del piero. Meskipun baru ditransfer dari padova semusim sebelumnya, pada musim ini king alex tampil dalam 29 laga serie a dan berhasil mencetak 8 gol.

Pada musim 1994 - 1995, juventus berhasil menjuarai liga italia setelah mengalahkan Lazio dalam perburuan juara serie A. Juve berhasil mengungguli Lazio dengan selisih poin sebanyak 10 poin, dimana juve memiliki poin sebanyak 73 dengan rincian 34 kali main, 24 kali menang, 4 kali imbang dan 7 kali kalah. Dengan catatan gol sebanyak 59 kali membobol gawang lawan, dan dan 32 kali kebobolan oleh lawan.

Musim 1994 - 1995 ini juventus menggunakan seragam yang sama pada sebelumnya yaitu seragam utamanya adalah garis hitam putih dan seragam keduanya adalah biru dengan sponsor utam danone, dan apparelnya adalah kappa. 


Dalam membuat juve menjadi scudetto, ada beberapa pemain yang berhasil mencetak lebih dari 5 gol, berikut daftar pencetak gol terbanyak juventus musim 1994 - 1995 :
  • Gianluca Vialli : 17 gol
  • Fabrizio Ravanelli : 15 gol
  • Roberto Baggio : 8 gol
  • A. Del piero : 8 gol
Juventus kalah dari Parma di Final piala uefa 1995, berikut susunan pemain saat juve bersua para pada laga final :


Sayang untuk musim itu, juve hanya mampu menjadi runner up piala uefa, kalah dengan parma dengan agregat 2 - 1. Final piala uefa saat itu berlangsung dalam 2 leg, dimana leg pertama berlangsung di stadion Ennio Tardini Parma, dimana gol parma dicetak oleh mantan pemain juve yaitu Dino Baggio pada menit ke 5.

Leg kedua piala uefa berlangsung di stadion San Siro kota milan, dimana skornya adalah 1 - 1, dimana juve unggul dahulu melalui Vialli pada menit ke 35, namun Parma berhasil membalas gol melalui Dino Baggio pada menit ke 53.

Berikut beberapa kejadian yang tejadi pada musim 1994 - 1995 


Ini adalah gambar saat Juventus berlaga melawan lazio di kandang lazio, yaitu olimpico roma, dimana pertandingan terjadi di pekan ke 13 liga serie a pada tanggal 11 Desember 1994, dimana skor berkesudahan 3 - 4 untuk juventus. Dimana gol Juve dicetak oleh Del Piero ( 37, 77 ) Marocchi ( 53 ) Grabbi ( 81 ) sedangkan gol gol lazio dicetak oleh Rambaudi ( 20 ) Casiraghi ( 83 ) dan Diego Fuser ( 90 ). Saat laga berlangsung, alex masih berusia 20 tahun pada bulan november sebelumnya. 

Bertemu Ac milan di pekan ke 8 liga serie A italia


Pertandingan berlangsung di stadion delle alpi, dimana wasit yang memimpin laga itu adalah wasit paling tegas italia, yaitu pierlugi collina, ini adalah ekspresi sang kapten ( Baggio ) saat melakukan protes kepada wasit.

Pertandingan antara Juventus vs Milan ini berlangsung pada pekan ke 8 tanggal 30 oktober 1994, dimana skor akhir adalah 1 - 0, gol dicetak oleh baggio menit ke 34. Sedangkan leg kedua antara Ac milan vs Juventus berlangsung di stadion San siro, pada pekan ke 25 tepatnya tanggal 1 april 1995 dimana lagi lagi juve berhasil mengalahkan milan dengan skor 0 - 2, dua gol juve dicetak oleh Ravanelli menit 41, dan satunya oleh Vialli menit ke 84.

Juve bisa menjadi juara serie a tak lepas dari banyak faktor diatas. Pemain handal, serta keuangan yang baik adalah penaopang kesuksesan juventus. Berikut skuad juventus musim 1994 - 1995 :

Kiper 
Angelo Peruzzi
Michelangelo Rampulla
Lorenzo Squizzi

Bek 
Ciro Ferrara
Massimo Carrera
Andrea Fortunato
Moreno Torricelli
J├╝rgen Kohler
Sergio Porrini
Robert Jarni
Luca Fusi
Alessandro Orlando
Luigi Sartor

Pemain tengah
Giancarlo Marocchi
Alessio Tacchinardi
Antonio Conte
Angelo Di Livio
Paulo Sousa
Didier Deschamps
Simone Tognon

Penyerang
Roberto Baggio
Fabrizio Ravanelli
Gianluca Vialli
Alessandro Del Piero
Corrado Grabbi
Enrico Fantini

Nah semoga apa yang saya sajikan ini dapat menambah pengetahuan sobat juventini maupun juvendona dimana saja. Tetap semangat, dan semoga juve bisa meraih trebel untuk tahun ini. 
Finno Alla Finne...........
Tag : SEPAK BOLA
Back To Top