Cara menyetel karbu rx king agar lebih pas dan tidak mbrebet

Advertisement

Cara menyetel karbu rx king agar lebih pas dan tidak mbrebet

Karburator rx king adalah komponen utama agar terciptanya pencampuran bahan bakar dengan udara. Disinilah letak awal tarikan motor yamaha rx king menjdi lebih mantap.

Yamaha rx king yang tarikanya ok, harus memenuhi beberapa aspek, mulai dari pemabkaran yang bagus, stelan karbu yang bagus serta tenaga yang dihasilkan menjadi maksimal. Dalam hal ini, atau peneyetelan diperlukan metode khusus dan feeling.

Buat yang pemula, berikut saya sedikit bagi ilmu cara melakukan servis karburator sendiri dan cara penyetelan karbu agar pas dan tidak mbrebet.


Sebelumnya anda harus tahu letak dari karbu rx king, seperti gambar diatas. Lepas semua selang yang mengatur jalur masuknya bahan bakar , lalu tutup agar tdak tumpah. Setelah semua selang terlepas, lepas karbu dari posisinya. O ya, jangan lupa, intake manifold di tutup agar tidak kemasukan kotoran. Setelah karbu rx king berhasil dilepas, segera lakukan kegiatan seperti di bawah ini, 


Ambil panci sebagi tempat atau wadah apa saja, yang penting berfungsi untuk mengamankan semua komponen dari karbu, Langkah selanjutnya adalah bersihkan semua komponen karbu, mulai dari bagian atas, bawah, pelampung ( kambangan ) main jet ( penyemprot utama ) ataupun slow jet ( penyemprot stasioner ) dengan cara disemprot, jika tidak punya kompresor, di tiup juga gak papa. 


Jika anda bingung dengan main jet maupun slow jet, bisa lihat gambar diatas, yang berwarna kuning main jet, warna biru slow jet. 

Main jet ini berfungsi saat kita mengegas rx king dengan posisi penuh, sehingga penyemprotan bahan bakar juga akan banyak, dan slow jet ini berfungsi mengatur jumlah bahan bakar saat stasioner. 

Jika anda ingin membuat rx king jadi kencang, pilih main jet yang lubangnya besar, sehingga jumlah bahan bakarnya untuk dibakar juga banyak. Namun  jika anda ingin irit, main jetnya bisa kita beri ganjal, misal kabel kuningan.

Setelah semua terasa bersih, lakukan perakitan kembali karbu rx king, pasang karbu pada rx king, lalu lakukan penyetelan karbu, berikut gambarnya 


Lukakan penyetelan pada stelan karbu, caranya putar penyetel karbu tadi, cari putaran mesin yang paling tingg, lalu turunkan setelan karbu 2, 5 putaran. Buat yang bingung, cara mudahnya adalah, anda harus peka, sekali lagi saya ulangi, putar stelan karbu sampai motor bersuara keras, lalu putar balik 2,5 putaran. Nah stelan itu sudah dipraktekkan dan terbukti motor rx king tidak mbrebet. 

Untuk yang sudah senior, menyetelnya sudah menggunakan feeling pasti pas, kayak takaran pertamina,,,,,he he he he 

Semoga apa yang say bagi ini dapat menambah ilmu anda dengan otomotif. Semoga kelak jika uang anda lagi tipis, dan motor mbrebet, anda bisa melakukan penservisan sendiri......

salam faster86.com...
Tag : OTOMOTIF
Back To Top