Penyebab utama motor rx king sering mati mendadak

Advertisement

Penyebab utama motor rx king sering mati mendadak

Motor rx king adalah raja jalanan yang mempunyai tarikan seperti motornya valentino rossi. Tarikan yang kuat serta tenaga yang handal ini bisa tercipta karena motor yang satu ini memang di desain oleh empunya khusus untuk kencang. Motor rx king yang kencang serta tidak ngadat memang bisa membuat yang menaikinya menjadi raja jalanan. Tetapi kadang kita sering atau pernah mengalami mesin motor rx king mati mendadak, lalu langkah apa saja yang harus kita lakukan ? Buat yang sering otak atik mesin motor mah tidak terlalu risau dengan kejadian ini, tetapi buat pemula seperti saya, bisa berabe. Nah buat yang masih pemula, saya mau berbagi tips nih jika mesin motor rx king kita mengalami mati mendadak, berikut solusinya :

1. Mati mendadak bisa disebabkan oleh suplai bahan bakar yang tidak pas

Cek kondisi karbu motor rx king kita. Lihat dengan seksama apakah karbu terlalu basah atau tidak. Lalu apa pengaruhnya ? jika karbu terlalu basah ( membludak ) itu disebabkan oleh sisitem pelampung yang tidak pas dalm penyeteanya atau mungkin pelampung yang sudah aus sehingga terkena goncangan sedikit saja sudah luber. Jika kita mengalami hal ini ( mbludak ) anda jangan panik. Ambil batu yang agak sedang, lalu pukul secara perlahan pada bagian bawah dan samping karbu, tujuanya agar katup atau stelan pelampung kembali normal. Jika sudah normal, anda bisa melanjutkan kembali perjalanan, nanti setelah ketemu bengkel, anda bisa memperbaikinya.

2. Mati mendadak bisa disebabkan oleh pengapian yang kurang baik

Perhatikanlah gambar disamping ini. Ini adalah cdi rx king, dimana di sistem inilah pengapian berlansung. Jika sistem ini bermasalah, pasti mesin motor akan mati. Untuk pengecekan pengapianya, lakukan hal ini, Copot kap busi motor anda, lalu tempelkan dengan bodi sambil di kick stater, jika tidak ada apai, berarti ada yang salah dengan sistem pengapinya, bisa dari cdi maupun koil dari motor anda. Jika ada percikan api merah, berarti pengapian kurang besar, itu menyebabkan mesin juga mati, jika ada api biru, berarti langkah selanjutnya adalah, copot busi anda, lalu tempelkan dengan bodi, jika tidak ada api, bisa dipastikan mesin mati karena businya mati.

3. Mesin mati karena selang bensin kotor atau tersumbat

Nah selang selang saluran bensin adalah hal yang harus anda perhatikan. Bisa jadi mesin mati mendadak karena pemasukan bahan bakar menuju ke karbu tersendat. Jika anda mengalami hal ini, atau mati mendadak, cek saluran bensin menuju ke karbu, apakah lancar atau tidak. Jika tidak lancar, cari penyebabnya. Saluran bensin tidak lancar bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain saluran bensin terlalu kotor sehingga menghambat laju bensin, bisa selang vakum tak berfungsi sehingga tidak ada bahan bakar yang masuk. Cara mengatasinya adalah, dengan melepas saluran bensin ini, lalu di kick stater motor rx king kita, jika laju bensin tidak lancar ini karena dua hal tadi. Copot saluran bensin lalu bersihkan, jika yang ada masalah pada vakum, anda bisa mencopot selang bensin dari tangki menuju ke vakum, lalu dilangsung ke karbu. Cara ini kita lakukan agar kita bisa melanjutkan perjalanan. Setelah menemui bengkel, segera lakukan perbaikan.

Nah cara cara diatas sudah pernah saya praktekkan, dan yang sering terjadi rata rata memang seperti itu. Semoga apa yang saya bagi ini dapat memberikan informasi ke sobat oto faster86.com. Untuk yang suka motor rx king yang kencang tarikanya bia baca artikel dibawah ini :

Artikel terkait :
Cara membuat rx king jadi kencang
Cara membuat motor 2 tak jadi kencang

Demikian yang tim faster86.com bagikan, moga dapat memberi manfaat buat sobat oto faster86.com. Apabila ada keluhan, bisa disampaikan ke tim faster86.com via email.

Tag : OTOMOTIF
Back To Top