Ngaji Habib Syech : jadilah manusia yang arif dan bijaksana

Advertisement

Ngaji Habib Syech : jadilah manusia yang arif dan bijaksana

Siapa yang tidak kenal dengan sosok ulama yang dekat dengan umatnya ini, yap beliau adalah Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf. Tokoh bangsa yang setiap pengajianya mengajak jamaahnya untuk selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah swt serta bersholawat ke atas Nabi Muhammad saw. Pada setiap majlis shalawat yang beliau sampaikan, beliau selalu berpesan, jagalah diri, jadilah manusia yang berperilaku arif serta menjunjung tinggi norma agama. Taat kepada Allah swt adalah kunci keberkahan, serta bershalawat kepada Nabi Muhammad saw adalah penentram jiwa. Berikut beberapa petikan beliau yang semoga saja dapat meninspirasi buat syekhermania pada khususunya serta imat Islam di seluruh belahan dunia pada umumnya :


1. Makna shalawat serta keutamaan bersholawat bagi umat Islam
Sholawat adalah kunci untuk membuat hati jadi tenang, pikiran jadi adem, serta faedah sholawat itu banyak sekali. Sholawat itu sebagai bukti bahwa kita cinta kepada Rasul Muhammad saw serta bisa menjadi dorongan kepada kita, bahwa shalawat itu dapat membuat kehidupan di dunia ini menjadi lebih nikmat. Bahkan berkat shalawat maksiat minggat. 

2. Tantangan umat Islam dengan perkembangan globalisasi
Umat Islam jika tidak kita bekali dengan iman dan takwa yang kuat serta budi pekerti yang luhur bisa membuat manusia terjerumus oleh ajakan setan. Teknologi jika tidak kita sikapi dengan baik dan benar bisa membuat kita ketergantungan dengan teknologi. 

3. Bagaimana dalam menyikapi adanya perbedaan dalam umat Islam
Umat Islam kita harap bersatu. Jangan mempermasalahkan masalah furuiyyah. Islam kita mulai dihancurkan oleh orang-orang non muslim dengan merusak akhlaq dan moral bangsa ini. Lalu kenapa kita masih ribut masalah tahlil dan bukan tahlil, qunut dan tidak qunut. Ayo kita bersatu bagaimana kita kuatkan Islam ini dengan satu sama lain dengan mempelajari apa yang telah disampaikan orang-orang tua kita. Buka lagi Al-Qur’an, buka lagi sunah Rasul.  Masih punya pendapat silakan tetapi kita tidak saling menyalahkan tentang masalah-masalah furuiyyah. Jangan kita merasa diri kita lebih baik daripada yang lain. Jangan merasa kita lebih benar. Jangan merasa kita paling dekat dengan surga. Bangsa kita perlu disatukan dan jangan pula kita dipecah belah oleh partai. Partai dan organisasi itu hanya satu wadah. Tetapi kebersamaan ini yang kita butuhkan. Jangan kita lebih mementingkan partai atau organisasi itu daripada Islamnya.

4. Metode dakwah yang baik serta toleransi akan mebuat Islam lebih bermakna
Sistem dakwah romo kiai dan Walisongo menurut saya paling mudah dan baik, apalagi di  Jawa Tengah. Dengan seni kita masuk. Sholawat kita kemas dengan kesenian. Dengan cara itu lebih mengena ke masyarakat. Istilahnya dadio banyu ning ojo kintir. Dimana tempat kita masuk. Dengan orang tua kita harus menghormati. Dengan yang muda kita harus sayangi. Ada orang maksiat jangan kita caci. Sama orang taat harus kita ikuti.

Nah apa yang beliau sampaikan mudah mudahan dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Tetap jaga ukhuwah serta jadikan Islam itu Rahmatalil 'alamin. 

Buat syekhermania yang kepingin tahu tentang gus wahid bisa baca :
Lebih dekat dengan gus wahid

Dan yang kepingin tahu tentang gus ghofur, bisa baca :
Lebih dekat dengan gus ghofur

Semoga bermanfaat,,,barakallah....



Tag : TRADISI JAWA
Back To Top