Makna yang terkandung dalam shalawat berkat shalawat maksiat minggat

Advertisement

Makna yang terkandung dalam shalawat berkat shalawat maksiat minggat

Sholawat adalah penyejuk hati imat muslim. Dalam sholawat, terkandung berbagai mcam hikmah yang tentu dapat meningkatkan rasa keimanan serta kecintaan kita kepada Rasul Muhammad SAW. Cinta Rasul adalah bagian dari rukun iman, maka dari itu setiap umat muslim mencintai Rasul-Nya.

Sholawat adalah uapan serta doa yang indah. Sholawat adalah ungkapan perasaan hati yang tenang. Dengan bersholawat tentu kita harus menjadi manusia yang lebih  baik serta menjadi manusia yang lebih bisa menghormati orang lain. Biarkan orang mengatakan sholawat bid'ah, mereka tidak tahu apa apa. Biarkan mereka mengatakan bahwa sholawat itu hal yang tidak diajarkan Nabi. Biarkan mereka....Jadilah diri kita sebagai insan yang selalu mencintai Nabi dan sahabat Nabi. 

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, jika generasi muda kita atau bahkan anak anak kita tidak kita ajarkan untuk bersholawat, maka apa jadinya ? Beruntung kita menjadi orang NU yang selalu bersholawat. Tahu bagaimana cara bersyukur kita, melelui sholawat ini kita diajarkan untuk lebih bisa mensyukuri apa yang telah Allah berikan. Salah satu sholawat yang dapat menginspirasi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik adalah sholawat berkat sholawat maksiat minggat. Lalu apa makna yang terkandung dalam sholawat tersebut ? 

Berkat sholawat maksiat minggat
Dari judilnya saja sudah kita pahami, apa yang terkandung. Berkat sholawat maksiat minggat. Bayangkan betapa banyaknya nikmat yang ada dalam sholawat itu. Maksiat jadi akan tergerus dengan kita bersholawat, hati jadi tentram. Dengan hati tentram inilah segala sesuatu yang terjadi pada kita dapat kita selesaikan dengan penuh rasa ikhlas, dan tentu dilandasi keimanan kepada Allah SWT. BUkan dengan emosi atau hawa nafsu yang dapat merusak keimanan kita.


" Para kyai nderek sholawat, Para habaib nderek sholawat
Bareng bareng masyarakat, Berkat sholawat uripe nikmat
Alhamdulillah awake sehat, Alhamdulillah awake kuat
Nderek majelis bersholawat, Berkat sholawat uripe nikmat "

Bersyukurlah kita ada para mbah kiyai kita, guru guru kita para habaib kita yang senantiasa mengajak kita untu bersholawat. Karena para kiyai sepuh kita tahu bagaimana pentingnya bersholawat itu. Sholawat bisa menjadikan hidup kita jadi nikmat, sholawat bisa menjadikan kita jadi sehat. Ini karena dengan sholawat, peredaran darah kita jadi lebih lancar, hati jadi ceria dan gembira dengan bersholawat. Sholawat adalah penyembuh hati yang galau.

" Urip neng ndoyo iku singkat, Sing langgeng neng akherat
Mulo ayo dho sholawat, Berkat sholawat uripe nikmat
Ayo kabeh masyarakat, Bareng bareng moco sholawat
Mareng kanjeng nabi Muhammad, Berkat sholawat maksiat minggat "

Bahwa kita hidup di dunia ini hanya sementara, yang abadi di akhirat. Jika di dunia ini kita jauh dari Allah, apa yang akan kamu rasakan ? Pasti kita menjadi manusia yang berakhlak buruk, penuh emosi, kedengkian serta menjadi manusia yang sombong. Sholawat yang didasari rasa keimanan kita kepada Allah SWT akan menjadikan seluruh hidup kita jadi berkah. Keberkahan ini berasal dari Allah, karena kita menyanjung kekasih-Nya. Nabi Muhammad adalah Rahmatallil 'Alamin atau rahmat untuk semesta alam. Jadi bagi kita hendaknya selalu meneladani sifat sifat yang ada pad beliau  Nabi Muhammad SAW. Hanya beliaulah yang bisa memberkan syafaat pada yaumul kiyamah. Untuk kita bisa mendapatkan syafaatnya inilah tentu kita harus mendekatkan diri kita kepada Nabi Muhammad SAW . 

" Alhamdulillah awake sehat, Alhamdulillah awake kuat
Berkat Nderek majelis sholawat, Berkat sholawat indonesia selamat
Urip neng ndoyo iku singkat, Sing langgeng neng akherat
Mulo ayo dho sholawat, Berkat sholawat Indonesia selamat "

Betapa nikmatnya kita bisa menjadi manusia yang berkahlak baik, tentu semua itu tidak bisa datang tanpa kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan bersholawat inilah kita akan menjadi manusia manusia yang berkahlak baik. Ketentraman hati, keberkahan keluarga serta nikmat bersholawat akan kita dapat jika kita ikhlas hati dalam menjalankan. 

Berkat sholawat, bisa membuat semua manusia menjadi damai. Tak akan ada perang jika kita bisa mengetahui fadhilah bersholawat. Karena dalam sholawat itu terdapat banyak sekali fadlilah. Jadi perbanyaklah bersholawat setiap hari. Kapan pun dan dimanapun. Berkat sholawat, hidup jadi nikmat. Amin Amin Ya Robal 'Alamin......

Tag : TRADISI JAWA
Back To Top