Cara mengatasi sakit kuning pada ayam aduan dengan cara sederhana

Advertisement

Cara mengatasi sakit kuning pada ayam aduan dengan cara sederhana

Ayam aduan yang sering kita adu, pasti suatu saat akan terkena pukulan yang dahsyat dan tentu dapat membuat ayam aduan kita menjadi sakit yang berkelanjutan atau bahasa lainya adalah sakit kuning. Sakit kuning ini jika tidak kita atasi dengan cara yang benar dan cermat, bisa menyebabkan ayam aduan kita hanya menjadi pecundang. Nah buat sobat jagoholic, ada beberapa cara dalam mengobati ayam bangkok atau ayam petarung kita yang megalami sakit kuning ini , berikut penjelasanya :


1. Penyebab atau gejala sakit kuning
Ada beberapa penyebab ayam bangkok kita mengalami sakit kuning, berikut penyebabnya :
  • Ayam terkena pukulan yang terlalu keras dari lawan
  • Salah dalam pelatihan fisik atau tenaga ayam terlalu terforsir
  • Ayan digebrak setelah ayam bangkok mengkonsumsi daging kambing
Jika gejala gejala seperti diats tidak kita tangani, wah parah, bisa menyebabkan ayam aduan kita yang bernilai jutaan hany menjadi santapan manusia saja. Setelah kita mengetahui apa penyebab ayam bangkok bisa sakit kuning, langkah selanjutnya kita adalah cara mengatasinya, berikut cara mengobati atau menyembuhkanya :
  • Istirahat total, ini akan mebuat ayam bangkok menjadi lebih segar, pada saat istirahat total ini, ayam bangkok diumbar saja sampai mabung, selengkapnya bisa baca :
  • Diberi jeroan tupai ( jantung, empedu hati ) dan jika ada diberi orok atau anak tupai yang masih didalam tubuh tupai
  • Diberi daging tupai ( bahasa jawa : bajing )
  • Diberi temulawak atau jika kesulitan bisa menggunakan ekstra temulawak buatn pabrik
  • Diberi tomat dan gula merah tiap pagi dan sore hari sebulan sekali sampai ayam bangkok kita normal kembali
Nah obat obat tersebut semoga bisa menyembuhkan ayam aduan sobat faster86.com. Jika obat obat tersebut tidak mempan, ya mau gimana lagi, jika ayam bangkok atau ayam petarung kita memilki kualitas super, bisa kita jadikan pacek. Jika hanya ayam aduan biasa saja bisa kita jual atau kita gunakan untuk membuat ingkung. Demikian soabt jagoholic cara dalam memgatasi ayam bangkok kita yang terserang sakit kuning. Mudah mudahan tips ini dapat bermanfaat. Salam olahraga.


Back To Top