Tanaman herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam bangkok

Advertisement


Obat tradisional yang ampuh menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam bangkok

Obat atau ramuan tradisional yang digunakan para sobat jagoholic memang bermacam macam, ada yang diambil dari halaman rumahnya, ada yang dibeli. Semua itu dilakukan agar si jago bangkok bisa sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Apalagi musim yang tidak menentu seperti sekarang ini, bisa pagi panas, malam hujan, bisa pagi hujan malam hujan dan bisa pagi hujan siang panas. Kondisi seperti ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh ayam bangkok maupun ayam aduan menjadi rentan terserang berbagai penyakit, salah satunya adalah pilek atau flu alis ngorok. Penyakit yang sering menimpa ayam ini kadang jika penanganan kita kurang, bisa menyebabkan ayam bangkok kita menjadi pesakitan dan mati, wah ini yang harus diantisipasi. Ayam bangkok yang tangguh dan juara itu adalah ayam bangkok yang mempunyai daya tahan tubuh yang bagus, serta bebas dari penyakit. Nah buat sobat jagoholic, sekarang jangan sedih dan risau, ternyata daun maupun jamu asli indonesia banyak sekali yang bisa kita gunakan untuk menyembuhkan ayam bangkok kita, berikut beberapa tanaman yang berfungsi untuk mengobati ayam bangkok :

1. Daun kelor dan daun sirih
Tanaman yang sering tumbuh liar di sekitar rumah ini ternyata mempunyai khsiat yang luar biasa untuk ayam bangkok kita, daun kelor dan sirih ini berfungsi untuk mengobati luka pada mata ayam yang kena pukul. Cara mengobatinya pun relatif mudah, yaitu dengan cara menetesi bagian yang terluka dengan getah kelor dan daun sirih. Daun ini terbukti manjur dalam mengobati luka pada mata ayam bangkok.

2. Temu kunyit
Temu kunyit ini juga serig kita jumpai, jika kita belum tahu manfaatnya, paling kita sering mengenyampingkan benda ini, padahal sebenarnya tanaman ini mempunyai khasiat yaitu dapat menyembuhkan ayam bantat. Cara mengobatinya dengan temu kunyit dibakar lalu dilolohkan kecil kecil.

3. Cucian beras
Nah kalau yang ini pasti sobat jagoholic hampir setiap hari menjumpai, apa itu ? Cucian beras. Ternyata cucian beras ini berfungsi untuk menyembuhkan ayam ngurak.

4. Blimbing wuluh dan bawang putih
Belimbing wuluh adalah buah yang mempunyai rasa sangat kecut, tetapi dibalik kekecutan dan keasaman belimbing wuluh tersimpan khasiat yang luar biasa. Belimbing wuluh dan bawang putih ini dapat mengobati paruh ayam yang mau lepas. Cara pengobatanya adalah dengan mengolesi pada bagian paruh yang akan lepas tadi.

5. Kunyit, ragi, kemangi
Ketiga bahan ini ternyata memilki kandungan zat pembentuk tulang. Nah jika ketiga benda ini dipadukan maka ayam bangkok anda yang lumpuh bisa sembuh dengan ramuan ini. Cara menobatinya adalah dengan memboboki pada bagian kaki ayam bangkok dengan campuran tiga ramuan tersebut.

6. Temu lawak pinang
Temu lawak pinang ini berkhasiat untuk menyembuhkan cacingan pada ayam.

Nah sobat jagoholic, ramuan ramuan diatas adalah obat tradisional yang sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit pada ayam aduan kita. Khasiat yang terkandung di dalam ramuan tersebut memang dan pasti sering kita gunakan untuk menyembuhkan ayam bangkok kita. Demikian sobat jagoholic, beberapa ramuan atau tamanan obat yang sering kita gunakan untuk menyembuhkan berbagai penyaakit pada ayam kita. Semoga bermanfaat.
Back To Top