Cara mengatasi tembolok pada ayam bangkok yang tidak mau turun

Advertisement

Cara mengatasi tembolok pada ayam bangkok yang tidak mau turun

Tembolok atau dalam bahasa jawa telih adalah tempat awa makanan pmasuk sebelum dicerna oleh ayam bangkok. Pada tembolok inilah awal mula semua nutrisi untuk ayam bangkok dapat dicerna. Masalah tembolok ini, jika kita tidak berhati hati, maka bisa menyebabkan hala yang dapat membahayakan ayam bangkok kita, salah satunya adalah tembolok yang tidak mau turun. Gejala seperti ini, jika tidak kita atasi bisa menyebabkan ayam bangkok kita jadi koit alias mati. Pada situasi seperti ini, ada bebrapa cara dalam menyelesaikan masalahnya. Berikut cara mengatasi ayam bangkok yang tidak mau turun temboloknya :


1. Ayam bangkok jangan dikasih makan dulu
Tujuanya adalah agar tembolok ayam bangkok tidak terlalu penuh, sehingga tembolok bisa segera turun. Usahakan sampai tembolok jadi kosong.

2. Beri obat trimisin corofit pada pagi hari
Tujuan pemberian obat ini adalah agar tembolok yang belum turun bisa segera turun.

3. Di beri gula merah
Pemberian gula merah ini agar tembolok jadi lebih cepat turun dan ayam bangkok tidak terlalu kekurangan stamina. Karena pada gula merah ini benyak mengandung nutrisi yang baik untuk ayam bangkok.

4. Diberi kunir tambah jahe diparut ambil airnya
Jahe dan kunir diparut lalu peresan ramuan tersebut di berikan ke ayam bangkok, ramuan ini berfungsi untuk dapat melancarkan sistem pencernaan dan dapat membuat tembolok jadi plong.

5. Beri vegeta dan air kelapa
Sebelum meberi vegeta, usahakan pada tembolok kosong dahulu, cara mengosongkan tembolok adalah dengan cara memasukkan selang lalu airkan air hingga temboloknya penuh dengan air lalu keluarkan air dari temboloknya, hingga kosong. Lalu beri vegeta campur air kelapa dan diminumkan ke ayam bangkok.

Nah mudahkan cara mengatasi tembolok ayam bangkok yang tidak mau turun itu, makanya perawatan dan perhatian khusus ke ayam bangkok dapat mencegah terjadinya gejala tembolok yang tidak mau turun ini. Dan buat panduan sobat jagoholic yang kepingin usaha ayam bangkok bisa baca Cara berusaha ayam bangkok agar berhasil

Semoga apa yang saya bagikan ini dapat memberi manfaat ke sobat jagoholic. Selamat mencoba ya sobat.
Back To Top