Cara mengatasi ayam bangkok yang nafasnya pendek atau ngos ngosan

Advertisement

Cara mengatasi ayam bangkok yang nafasnya pendek atau ngos ngosan

Nafas ayam bangkok adalah kunci dalam memangkan sebuah laga pada ayam bangkok. Agar ayam bangkok bisa menang, selain kekuatan pukulan, teknik bertarung, teknik menghindar, nafas panjang inilah yang akan jadi faktor x dalam sebuah tarung ayam bangkok. Mungkin ada diantara ayam bangkok sobat jagoholic yang nafasnya pendek atau ngos ngosan ? Apa solusinya ? Adakah sobat jagoholic tahu bagaimana cara mengatasi ayam bangkok yang nafasnya pendek atau ngos ngosan ? Nah jika sobat jagoholic penasaran dengan bagaimana cara mengatasi ayam bangkok yang nafasnya pendek, berikut tim faster86.com berhasil merangkum triknya.


Trik dalam mengatasi nafas ayam bangkok yang pendek :

1. Memandikan ayam bangkok pada pagi hari
Cara ini efektif sekali dalam mengatasi ayam bangkok yang nafasnya pendek, ini bisa terjadi karena sisitem peredaran darah yang lancar dapat meningkatkan jumlah oksigen pada darah. Karena jumlah oksigen yang meningkat ( pada saat dimandikan ) inilah maka secara perlahan nafas ayam bangkok akan menjadi lebih baik secara otomatis dapat meningkatkan nafas ayam bangkok. Lakukan kegiatan ini secara rutin, lalu di jemur pada pagi hari.

2. Diberi jamu tradsional
Pemberian jamu ini bermanfaat untuk menstabilkan kondisi tubuh ayam bangkok yang secara perlahan dapat meningkatkan daya ikat oksigen ke darah. Ada bebrapa jamu atau resp tradisional yang bisa kita gunakan untuk menambah panjang nafas ayam bangkok kita, antara lain, alami kencur, lengkuas, merica, kunci dan telur bebek. bahan bahan tersebut bisa diparut dan kemudian diberikan pada ayam. Pemberian jamu ini jangn sering, karena dapat mengakibatkan kandungan kolesterol yang tinggi. Berilah jamu tradisional ini 3 hari sekali.

3. Berilah makanan alami dari tumbuhan
Pemberian makanan alami atau non protein ini bertujuan agar selaput darah bisa lancar dan tidak tertutup oleh lemak lemak. Makanan yang dimaksud alami adalah makanan yang dihasilkan oleh tanaman atau tumbuhan, antara lain  beras merah, karena beras merah hanya sedikit sekali mengandung lemak. hindari pemberian makan seperti jenis makanan ayam yang berupa foer buatan pabrik, jagung, nasi. Ini karena kadar lemak jenuhnya terlalu tinggi.

Dampak jika ayam bangkok kita ngos ngosan
Ada bebrapa akibat atau dampak jika ayam bangkok kita mengalami ngos ngosan, yang paling fatal adalah kalah. Ada beberapa dampak yang dari nafas yang pendek ini, antara lain :
  • Ayam menjadi kurang tenaga atau loyo
  • Gaya bertarungnya jadi kurang agresif
  • Pukulanya kurang tepat
Ciri ciri ayam bangkok dengan nafas panjang 
Ayam bangkok aduan yang memiliki nafas bagus sebetulnya sudah dapat diketahui mulai umur 4 bulan. Ciri-ciri muka terlihat kemerah merahan, sedangkan anak ayam di usia 4bulan yang memiliki wajah yeng terlihat pucat tidak memiliki nafas panjang, namun ayam aduan yang demikian bisa diatasi dengan perawatan. Ayam bangkok aduan yang memiliki nafas panjang/tidak ngos ngosan biasanya tampak dan mempunyai warna kulit kemerah merahan. Hal itu disebabkan oleh darah yang bagus. Darah tersebut mampu mengikat oksigen lebih sempurna.  Karena oksigen di dalam darah seekor ayam aduan adalah zat pembakar untuk menghasilkan energi dan stamina. Apabila kadaar oksigen bisa diikat lebih maksimal oleh darah maka ayam aduan akan banyak mempunyai cadangan energi lebih baik walau energi tersebut dibutuhkan ayam aduan dalam 5 airan. Namun apabila kemampuan darah mengikat oksigen lebih sedikit, energi yang menjadi cadangan juga sedikit pula, dan akan mengakibatkan oksigen dalam darah hingga jantung segera berdenyut makin cepat untuk mengambil oksigen. Hal itu dapat kita lihat pada ayam yang ditandai pernafasan ayam aduan akan semakin cepat dalam  menghirup udara yang biasa disebut nafas ayam menjadi ngos ngosan. 

Nah sobat jagoholic, gimana keterangan dari artikel ini, semoga dapat menambah ilmu sobat jagoholic semua ya. Setiap hari hendaknya kita dalam merawat ayam bangkok harus serius dan teliti, karena dengan ketelitian kita inilah dapat tercipta ayam bangkok yang kuat, tahan pukul, dan menjadi ayam bangkok petarung sejati. Tak lupa, tim faster86.com berpesan, rawatlah ayam bangkok anda seperti anda merawat diri anda sendiri.
Back To Top