Cara melatih fisik ayam bangkok agar seimbang dengan kemampuan bertarungnya

Advertisement

Cara melatih fisik ayam bangkok agar seimbang dengan kemampuan bertarungnya

Fisik tiap ayam bangkok antara satu dan satunya berbeda. Perbedaan ini dikarenakan tipe tarung tiap ayam bangkok berbeda. Misal antara ayam jalu dan ayam pukul pun berbeda. Nah kali ini kita akan membahas mengenai cara melatih fisik ayam bangkok agar seimbang dengan kemampuan bertarungnya. Mengapa demikian ? Karena jika antara fisik dan kemampuan bertarungnya tidak seimbang, bisa menyebabkan ayam bangkok kita kewalahan. Nah berikut cara melatih fisik ayam bangkok :

1. Pengetahuan dasar antara kemampuan memukul dengan berat badan ayam bangkok
Antara berat badan ayam bangkok dan pukulan itu harus sejalan. Maksudnya adalah, jika ayam bangkok kita memilki tubuh yang besar, otomatis pukulanya keras, tetapi untuk gerakan pasti akan melambat. Jika berat badanya tidak terlalu besar, otomatis pukulanya menjadi kurang keras tetapi gerakanya jadi lincah.


2. Bila kita mengandalkan jalu pada ayam bangkok
Bila ayam kita termasuk tipe ayam jalu, berarti yang kita latih adalah kelincahan dan keluwesan dalam bergerak. Karena ayam jalu ini bukan tipe pukul yang mempunyai pukulan keras. Nah dibutuhkan feeling yang tepat saat memukul. Untuk itulah dibutuhkan latihan khusus agar ayam bangkok bisa memilki feeling dalam memukul lawan. Salah satunya adalah dengan mengurung ayam bangkok pada kurungan yang tertutup, lalu diatasnya diberi lampu. Lakukan latihan khusus seperti ini pada sore hari, tujuanya karena sore hari ayam bangkok itu rabun, maka ayam akan melompat lompat sambil memukul lampu. Karena hal inilah maka feeling memukul tepat sasaran akan menjadi terasah. Latihan seperti ini selain mempertajam naluri dalam memukul, juga dapat meningkatkan fisik si ayam bangkok tersebut. Ingat latihan seperti ini paling lama hanya 30 menit saja, karena jika terlalu kelamaan akan membuat ayam bangkok menjadi kelelahan.

3. Bila ayam bangkok kita mengandalkan pukulan
Bila ayam bangkok kita tipe ayam pukul, berarti kemampuan memukul yang harus kita tingkatkan. Ayam tipe pukul ini biasanya kalem, karena memang bobot tubuh yang gede membuatnya kurang leluasa dalam bergerak. Nah bagaimana dalam melatih agar pukulan ayam bangkok menjadi lebih keras dan bertenaga, sobat jagoholic bisa baca
Cara meningkatkan pukulan ayam bangkok

4. Catatan dalam melatih ayam bangkok
  • Sobat jagoholic harus perlu mengingat bahwa,  ditambah atau dikuranginya berat tubuh dalam arti jangan terlalu extrim menaikan dan menurunkannya. Cukup max. 1 ons saja tiap minggunya. Jadi jangan terlalu drastis. Harus bertahap dan selalu dipantau perkembangan tiap minggunya.
  • Agar ayam tdk cepat lelah (stamina bagus) jalan terbaik adlh latihan yg cukup dan terprogram. Suplement hanya sebagai penambah semangat, tenaga, dan pemulihan kondisi. Mungkin memang ada suplement yg bisa menambah stamina. Tapi tidak terlalu signifikan pertambahan staminanya, apalagi bila tdk diimbangi latihan yg intensif.
  • Untuk  vitamin dan jamu penambah energi, sobat jagoholic bisa memakai vatigon, pil kita, hemaviton, kuku bima TL, jamu pegal linu, dll. Dikombinasikan dgn protein yg cukup antara lain dgn spet telur + madu.
Dalam melatih fisik ayam bangkok hendaknya kita harus mengetahui kondisi ayam bangkok kita itu fit atau tidak. Jangn terlalu memaksa karena itu bisa berakibat yang kurang baik ke ayam bangkok. Untuk mengetahui kondisi ayam bangkok, sobat jagoholic bisa baca :
Cara mengetahui kondisi ayam bangkok sehat atau tidak

Semoga apa yang menjadi catatan ini bermanfaat bagi sobat jagoholic dimana saja. Jika sobat jagoholic masih penasaran dengan kemampuan bertarung ayam bangkoknya, bisa baca faster86.com

Back To Top