Perawatan motor injeksi agar lebih awet injektornya dan tenaganya tetap prima

Advertisement

Perawatan motor injeksi agar lebih awet injektornya dan tenaganya tetap prima

Di era modern seperti sekarang ini, banyak perusahaan otomotif kebanyakan telah menggunakan sistem injeksi. Menggunakan sistem injeksi ini karena sistem injeksi ini lebih irit dan perawatanya lebih mudah. Sisitem injeksi ini membuat motor lebih bisa mengontrol dalam penggunaan bahan bakar. Siitem injeksi ini sangat responsif dalam penggunaan bahan bakar, karena semua sudah diatur oleh sistem eletronik. Buat anda otolovers yang mempunyai motor dengan menggunakan sistem injeksi, apakah sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan perawatan agar stamina motor tetap ok, dan injektornya tetap terjaga ? Kalau sobat oto faster86.com belum tahu, berikut beberapa komponen yang harus diperhatikan agar motor injeksi tetap ngacir dan tetap terawat injektornya :

1. Selang saluran bahan bakar
Selang bahan bakar adalah komponen utama penyuplai bahan bakar menuju ke injektor. Nah buat sobat otolovers, mungkin ada yang belum tahu dengan injektor itu apa ? Injektor adalah alat yang berfungsi untuk menyemprotkan kabut bahan bakar dengan tekanan tinggi ke mesin / ruang bakar dengan takaran yang sudah diatur oleh ECU atau electronik control unit. Nah ECU ini adalah otak atau aktor utama dalam proses pencampuran udara dan bahan bakar. Kaitanya dengan selang saluran bahan bakar ini adalah bahwa selang bahan bakar yang baik/ tidak bocor akan membuat kinerja dari injektor ini lebih maksimal. Nah agar selang bahan bakar tetap terjaga, periksalah selang bahan bakar pada km 2000. Jika sudah merasa kurang baik, segera ganti.

2. Pompa bahan bakar
Bila anda mempunyai motor yang sudah menggunakan injeksi, periksakan motor anda di dealer terdekat, lakukan pengecekan pompa bahan bakar pada km 50.000. Tujuannya adalah agar kita bisa mendeteksi sisitem kerja pompa bahan bakar. Pompa bahan bakar ini sendiri berfungsi untuk memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju ke injektor. Jika kinerja pompa bahan bakar memble, jangan harap motor injeksi anda kerjanya ok. Jika anda kepingin mengecek sendiri, lakukan hal seperti ini , hidupkan mesin motor anda, dengarkan bagian tangki apakah ada suara mendesing atau mendenging di bagian tangki, jika ada suara mendesing berarti filter fuel pump tergantung. Bila hal ini terjadi, anda bisa membersihkan dan sekaligus menguras tangki bahan bakar. Agar kinerja injektor lebih maksimal, pastikan antar filter fuel pump harus sesuai dengan procedure.

3. Pengaturan ketepatan posisi klep injektor
Klep atau katup injektor adalah komponen pengatur pemasukan jumlah bahan bakar ke injektor. Agar performa motor injeksi tetap terjaga, lakukan penyetelan klep atau katup injektor. Tujuan dari penyetelan ini agar kinerja antara injektor dengan ECU dapat sinkron, sehingga pencampuran dapat terjadi sempurna. Nah buat yang ingin mencoba, lakukan penyetelan klep tersebut, yaitu posisi klep tidak renggang atau rapat, pastikan standard. Jika anda bingung, langsung bawa saja ke bengkel terdekat.Bila klep injektor terlalu rapat  maka jumlah konsumsi bahan bakar jadi sedikit, jika setelan klep injektor terlalu renggang menyebabkan jumlah bahan bakar terlalu berlebih. Agar performa motor ideal, posisi klep ini harus standard pabrik.

4. Perawatan busi dan pembersihan filter udara
Busi adalah komponen yang sangat penting bagi motor injeksi, karena percikan api dari busi ini menyebabkan terjadinya pembakaran sehingga menyebabkan motor jadi berputar. Makanya perawatan busi ini sangat diperlukan agar performa motor injeksi tetap terjaga. Selain busi, filter udara ini juga sebagai komponen yang penting, karena dari sinilah awal mula udara / oksigen masuk. Pembakaran dapat terjadi karena oksigen bercampur dengan bahan bakar lalu di kompresi. Jika pemasukan udara terhambat, maka akan terjadi pencampuran gemuk, ini dapat mengakibatkan motor jadi brebet atau putaran motor terhambat. Nah agar filter udara tetap terjaga, saat servis, selalu bersihkan filter udara ini. Jika dirasa filter udara sudah tidak memenuhi ekspektasi, segera lakukan penggantian filter udara ini.

5. Perawatan sistem ECU
Perawatan sistem ecu ini sangat penting dan harus, karena di sistem inilah terjadi pnhitungan atau pencampuran bahan bakar dan oksigen. Jika kinerja ecu ini terganggu, maka jangan harap motor injeksi anda dapat bekerja maksimal. Nah mungkin untuk hal yang satu ini, anda harus mengecekkanya ke bengkel terdekat, karena sisitem ecu ini sulit jika dideteksi secara manual.

Nah sobat oto faster86.com, cara diatas adalah agar kinerja sisitem injeksi dapat maksimal dan tetap prima. Perawatan ruti anda juga sangat mempengaruhi kinerja dari motor injeksi anda. Semoga apa yang saya tulis ini dapat  bermanfaat.
Tag : OTOMOTIF
Back To Top