Penyebab bunyi cit cit pada streng atau v belt motor matik

Advertisement

Penyebab bunyi cit cit  pada streng atau v belt motor matik

Motor matik memang motor yang harus diperhatikan atau istilahnya harus telaten dalam merawatnya. Di dalam motor matic terdapat beberapa organ yang sangat vital, yaitu v belt. V belt ini berfungsi untuk menghubungkan antara putaran roda gila dengan poros roda belakang, sehingga motor dapat berputar. Streng atau v belt ini harus diperhatikan dengan sungguh sungguh, jika kita laai, wah bisa berabe urusanya. Yaitu v belt atau biasa disebut streng akan putus. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui apakah v belt atau streng kita itu sudah tidak bagus ? Pada dasarnya sih mudah saja, yaitu dengan mengetahui km kendaraan kita, umumnya yaitu jika sudah mencapai 20 ribu km, v belt atuau streng itu sudah selayaknya kita ganti. Memang itu bukn menjadi patokan, tetapi setidaknya itu sudah merupakan langkah safety. Untuk lebih detail mengenai layak atau tidaknya anda bisa membawanya ke bengkel terdekat. Namun sobat oto lovers, km motor anda belum mencapai 20 km, tetapi ada suara cit cit cit, atau orang awam menyebutnya suara tikus, maka anda harus mengganti  atau mengeceknya di bengkel. Nah buat pedoman para otolovers, berikut ciri ciri v belt atau streng yang harus segera dilakukan penggantian :

  • Perhatikan lekukan berbentuk huruf V pada bagian yang bergerigi, tekan dan perhatikan setiap bagian, jika terlihat adanya retakan itu berarti V-belt anda harus segera diganti.
  • Perhatikan pula cekungan tersebut dan bagian V-belt dari sisi samping, jika terlihat sudut dari bagian yang bergerigi terlihat sangat tajam itu berarti v-belt sudah mengalami aus, dan biasanya jika terjadi aus seperti ini akan menimbulkan sedikit suara berisik dari rumah cvt nya.
  • V-belt yang cepat aus disebabkan karena v-belt bekerja melebihi beban, misalnya kendaraan matik anda menggunakan ban yang lebih besar atau tidak standar.

Nah ciri ciri diatas adalah tanda bahwa streng atau v belt harus segera diganti. Namun untuk melakukan pencegahan agar streng awet dan tidak timbul bunyi cit cit cit, anda bisa merawatnya sendiri. Cara perawatan v belt atau streng adalah dengan rajin memberikan cairan belt dressing dan selalu memeriksa dan memastikan box cvt selalu tertutup rapat. Perawatan yang baik akan mencegah anda mengalami hal hal yang tidak kita inginkan. Safety dalam berkendara dan menggunakan motor matik sesuai kemampuanya, akan membuat motor matik lebih awet dan tentunya hal hal yang tidak kita ingin tidak akan terjadi. Selamat berkendara, safety riding harus tetap terjaga ya,,,,,,,,,,pakai helm, spion dua dan paerlengkapan adalah bentuk safety riding.

Tag : OTOMOTIF
Back To Top