Cara mengatasi mobil avanza tidak menyala saat di stater

Advertisement


Cara mengatasi mobil avanza tidak menyala saat di stater

Mobil avanza adalah mobil terbaru yang mempunyai kenyaman tingkat tinggi, sehingga penumpanya dibuat nyaman dan senang dalam berkendara. Mobil avanza adalah generasi terbaru dari produkan Toyota. Mobil keluarga ini memang menjadi pesona bagi masyarakat Indonesia, karena dengan harga yang tidak terlalu mahal, tetapi sudah mempunyai teknologi yang handal. Nah karena kenyamanan dan harga yang bersaing ini, avanza menjadi favorit. Tapi sobat otolovers faster86.com tahu apa penyebab mobil avanza tidak bisa di stater ? Nah jika belum tahu, berikut penyebab mobil avanza tidak bisa di stater dan cara mengatasinya :

1. Mobil avanza tidak bisa di stater karena accu drop atau thekor
Ya penyebab utama dari mobil avanza tidak bisa di stater adalah kondisi aki yang tidak baik, kalau istilah awamnya thekor. Penyebab aki tidak baik ini ada berbagai macam, antara lain adalah sebagai berikut :
  • Sistem pengisian tidak berjalan dengan baik, pengisian ini adalah inti dari pemasukan aki. Penyebab dari pengisian tidak mengisi ialah alternator tidak bekerja dengan baik, sekring pengisisn putus. 
  • Air accu hampir habis, nah kadang kita lupa bahwa air aki kita hampir habis, nah jika air aki habis, isilah air aki agar aki kembali on
2. Mobil avanza tidak bisa di stater karena switch stater mati
Banyak kejadian yang dialami oleh pemilik mobil avanza tidak bisa di stater karena switch stater mati. Switch ini adalah penghubung antara aki dengan motor stater. Cara mengetes switch stater ini mati atu tidak sangat mudah, yaitu menggunakan obeng, koil pada switch stater dihubungkan langsung. Jika mobil dapat di stater, berarti switch masih bagus. Jika tidak bisa distater dan aki ok, brarti switch yang error.

3. Mobil tidak bisa di stater karena kunci kontak tidak menyambung
Kunci kontak adalah tombol utama agar mobil dapat hidup. Mobil avanza tidak bisa di stater karena kunci kontak tidak menyambung. Penyebab tidak menyambung ini banyak sekali, antara lain :
  • Fuse atau sekring di fuse box yang menuju kunci kontak mati, jika itu terjadi, ganti fuse atau sekring.
  • Sambungan kunci kontak kotor, sambunganya menggunakan soket. Kadang mobil avanza tidak bisa di stater karena soket kunci kontak kotor. Cara mengatasinya buka dan bersihkan.
  • Sambungan soket kunci kontak kendor
Nah sobat otolovers, jika kita teliti dalam merawat avanza dan kita lakukan servis secara berkala, kejaduan seperti ini sangat minim sekali. Lakukan servis sesuai aturan dan sesuai standard operational procedure dapat meningkatkan performa mobil avanza anda.


Tag : OTOMOTIF
Back To Top