Tips Dan Cara Membeli Murai Batu Medan Agar Tidak Keliru

Advertisement

Tips Dan Cara Membeli Murai Batu Medan Agar Tidak Keliru

Murai batu medan adalah burung yang mempunyai suara yang indah,selain keindahan suara,murai batu medan juga mempunyai warna yang sangat menarik. Perpaduan warna yang alami ini membuat harga murai batu medan jadi tinggi. Murai batu medan dengan suara yang juara juga akan meningkat dari segi harganya. Mendapatkan bakalan muari medan tidak mudah,kita harus tahu trik dan cara mendapatkan murai batu medan. Buat anda yang pemula,berikut cara membeli murai batu medan,agar kita tidak keliru. Adapun faktor yang kita perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Pastikan kita membeli murai batu medan yang jantan
Nah kita harus memilih murai batu yang jantan,karena murai batu medan yang jantan lah yang bisa berkicau. Ciri cirinya adalah pilih murai batu medan yang bulunya berwarna hitam pekat,kontras dan tajam,ekornya panjang. Pastikan murai batu medan yang kita akan beli berfisik tegap dan mempunyai gerakan yang lincah,nah ciri tersebut merupakan ciri murai batu medan yang bagus.

2. Perhatikan bentuk paruh murai batu medan
Paruh adalah elemen yang penting bagi murai batu medan,karena suara yang merdu dihasilkan dari paruh yang baik dan mempunyai ciri antara lain paruhnya berpangkal lebar,tidak tipis,besarjuga panjang dan kita harus memastikan bahwa paruh murai batu medan mempunyai sisi bawah yang lurus. Dalam memilih dari bentuk paruh ini,kita harus menghindari bentuk paruh murai batu medan yang bengkok,karena paruh yang bengkok ini membuat muari batu medan kurang maksinal dalam mengeluarkan suaranya.

3. Perhatikan kepala dan bentuk badan murai batu medan
Kepala dan bentuk badan murai batu medan ini sangat menentukan kualitas dari murai batu medan. Untuk murai batu medan yang bagus,bentuk kepalanya adalah berkepala kotak,dengan bentuk mata yang melotot. Kepala yang kotak dan mata yang melotot ini menandakan murai batu medan yang mempunyai mental tempur yang baik dan agresif. Untuk bentuk tubuhnya,pastkan yang berpostur panjang sejajar leher. Antara panjang badan,kaki dan ekor harus proposional. Jangan membeli murai batu medan yang pendek.

4. Perhatikan sayap dan cengkraman murai batu medan
Sayap yang mengepit rapat dan cengkraman yang kuat adalah ciri dari murai batu medan yang bagus. Selain dari sisi tersebut,kita juga harus memilih sayap murai batu medan yang mempunyai warna yang menarik. Itu sebagai penambah aroma keistimewaan muari batu medan

5. Pastikan muari batu medan mempunyai nafsu makan yang tinggi dan lincah
Nafsu makan ini akan mempengaruhi pergerakan murai batu medan. Semakin kuat nafsu makannya,semakin bagus pula kualitas dari murai batu medan ini. Untuk pergerakanya,perhatikan yang mempunyai gerakan lincah, perhatikan apakah murai batu medan sering mondar mandir atu tidak. Jika sering mondar mandir dan agresif saat didekati orang asing,itu menandakan murai batu medan yang baik.

6. Mempunyai suara yang lantang dan kretekan yang berulang
Kualitas murai batu medan memang berasal  dari suara yang bagus. Nah sat kita akan membeli,pastikan murai batu medan yang mempunyai kretekn berulang. Biasanya semakin dewasa umur burung murai batu medan semakin besar pula volume suara murai batu medan tersebut. Bahkan jika memang yang akan kita beli itu murai batu medan yang bagus,maka kretekannya berulang tanpa putus.

Nah sobat kicaumania, 6 langkah tersebut wajib diketahui agar kita tidak keliru saat membeli murai batu medan. Ketelitian dalam memilih,insting dan kecermatan adalah kunci saat kita membeli murai batu medan ini. Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat untuk kicaumania semua. 
Back To Top