Manfaat Kaleng Bekas Sebagai Lampu Penerangan

Advertisement

Membuat limbah kaleng bekas menjadi barang tepat guna

Minuman dalam kemasan kaleng memang banyak kita jumpai sekarang ini. Mulai dari yang bersoda hingga yang beraroma rasa. Minuman kaleng ini memang membuat konsumen lebih mudah dalam membawa. Tetapi apakah kita sadar apa yang terjadi setelah kita meminum isinya? Bekas kaleng pasti akan kita buang. Ya kan,dan kita kadang tidak memikirkan apa dampak dari kaleng bekas ini. Sampah kaleng memang sampah yang sulit dan hampir tidak bisa dicerna oleh bakteri tanah. Jadi meskipun kita kubur beberapa tahun,wujudnya pasti masih kelihatan. Nah alangkah baiknya jika kita tidak bisa memanfaatkan barang bekas kaleng ini,kita lebih arif untuk mengumpulkan untuk dijual di tukang rosok,biar nanti di daur ulang. Ya semakin kita bisa menyadari akan anugrah nikmat dari Tuhan,kita pasti akan lebih bersyukur. 

Kaleng bekas minuman memnag mempunyai banyak kegunaan,mulai dari pot,tempat pensil dan beraneka ragam mainan. Kadang kita tidak menyadari bahwa kaleng bekas juga bisa digunakan untuk bahan peerangan. Bagaimana bisa,ya mungkin anda akan beranggapan seperti itu. Berikut gambar dari pemanfaatan kaleng bekas untuk penerangan :

Barang bekas dari kaleng bisa anda gunakan sebagai bahan baku pembuatan lampu penerangan sederhana. Mungkin anda pernah mengalami yang namanya listrik padam. Ya hampir semua orang pasti pernah mengalami. Dan listrik padam ini akan mebuat aktivitas kita akan terganggu. Nah solusi dari kita pasti akan menyalakan lampu isi ulang. Mungkin itu buat anda yang mempunyai kantong tebal. Tetapi buat anda yang mempunyai kantong tipis,mungkin hanya menyalakan lilin,dan itu juga berbhaya,karena bisa saja lilin itu jatuh. Nah buat anda yang belum tahu tentang pemanfaatan kaleng bekas untuk penerangan,berikut saya ulaskan mengenai lampu penerangan dari kaleng bekas. Adapu gambarnya seperti yang tertera tersebut. Bahan yang digunakan untuk membuat lampu penerangan sederhana seperti gambar tersebut adalah sebagai berikut :

  • 2 Buah kaleng bekas
  • Cutter / gunting
  • Paku / obeng
  • Minyak goreng
  • Kain / kapas /tali dari kain
Nah dari gambar diatas pasti anda sudah bisa membuatnya sendiri. Dengan teknologi yang sederhana ini,sekarang soal listrik padam,bukan jadi masalah lagi. Makanya mulai dari sekarang,kaleng bekas dari minuman itu jangan asal buang saja. Pilihlah yang bagus,manfaatkan untuk menjadi barang yang lebih bermanfaat,jangan hanya mengotori saja. Sampah bisa menjadi bencana,juga bisa menjadi keberkahan. Tinggal dari mana sudut kita menilainya. Selamat mencoba.
Tag : IPTEK
Back To Top