Makna dalam setiap sholawat yang dilantunkan Habib Syech

Advertisement

Makna dari setiap sholawat yang dilantunkan oleh Habib Syech dan Gus Wahid

Setiap acara sholawatan bersama Habib Syech dan Ahbabul Musthofa pasti ada ketenangan dalam batin setiap syekhermania. Semua sholawat yang syahdu menyejukkan hati ini terangkai  indah dalam balutan kekhusukan. Mulai dari lagu sholawat alangkah indahnya hidup ini,dilanjutkan dengan kisah sang rasul dan turi putih,membuat syekhermania terhanyut dengan irama sholawat. Tetapi apakah syekhermania mengetahui inti dari setiap sholawat yang dibawakan oleh Al Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Berikut beberapa syiir yang sering dilantunkan oleh Gus Wahid Maupun Vokalis Ahbabul Musthofa yang lain bersama Habib Syech.

1. Lagu Alangkah Indahnya Hidup Ini
Didalam lagu alangkah indahnya hidup ini dapat menggambarkan betapa kecintaan hambanya akan Rasul Muhammad SAW dan semoga kita dijadiakan umat nabi agar mendapat syafaatnya. Karena hanya Nabi Muhammad SAW yang bisa memberikan syafaatnya kepada hambanya. Untuk itu marilah kita sering seringlah bersholawat kepada beliau agar kita mendapatkan syafaatnya di hari akhir kelak. Ingat,doa akan sulit terkabul,jika tidak diawali dengan membaca sholawat kepada Nabi.

2. Lagu Kisah Sang Rosul
Lagu Rohatil karangan Habib Rizieq Shihab ini melantun dengan syahdu,menggambarkan kisah dari masa ke masa Rasul Muhammad SAW. Di sholawat ini,kita diajarkan mengenai kehidupan Rasulalloh dari masih kandungan yang sudah ditinggal oleh ayahandanya,kemudian 6 tahun di tinggal ibunda tercinta,hingga masa akhir Rasulalloh. Dalam sholawat ini kita di ajak untuk meneladani kisah beliau.


3. Lagu Pepali Ki Ageng Selo

Lirik lagu ini menceritakan bahwa oarang serakah itu tidak baik dan sangat di benci oleh Allah SWT. Sifat dari serakah ini menjadikan kita akan berburu dunia tanpa memikirkan akhirat kelak. Harus diingat bahwa kehidupan yang abadi hanya ada di akhirat kelak. Maka dari itu,jadilah syekhermania yang taat dengan ajaran Allah dan Rasulnya. Jadilah manusia yang taat menjalankan perintahnya dan menjauhi laraganya.

4. Lirik Syiir Tanpo Waton
Lirik syiir tanpo waton ini menggambarkan betapa dunia zaman sekarang sudah berubah. Sesama muslim saling mengkafirkan,naudzubillah hi minzalik. Dalam lagu yang dulunya dipopulerkan oleh Almarhum KH Abdurrahman Wahid ini juga,kita didiajarkan untuk bersyukur dengan nikmat apa yang diberikan oleh Allah SWT.

5. Lagu / Lirik Nabi Putra Abdullah
Dimana di sholawat nabi putra abdullah ini dikisahkan bahwa nabi Muhammad SAW adalah nabi akhir zaman yang kelak akan memberikan syafaatnya di hari akhir.

6. Lirik Berkat Sholawat Maksiat Minggat
Di sholawat yang ini,Habib mengajak kita untuk bersholawat,karena dengan bersholawat semua kesusahan akan dimudahkan,kekurangan akan di tambahkan kebatilan akan dihancurkan. Di syiir berkat sholawat ini juga dapat menggambarkan kedahsyatan sholawat,sebagai contoh,berkat sholawat indonesia nikmat,amin.

7. Lirik Turi Putih
Di sholawat yang syiir awalnya dilantunkan irama jawa oleh vokalis ahbabul musthofa yaitu gus wahid,terasa sekali kekuatan sholawat badar. Kekuatan akan sholawat badar ini dapat menggetarkan seisi jiwa. Ingat dalam makna turi putih ini terkandung rahasia bahwa kelak kita menghadap sang khalik yang kita bawa hanya amal ibadah kita di dunia. 

sebenarnya masih banyak makna yang terkandung dalam sholawatan Habib Syech yang lain. Semoga apa yang saya tulis ini memberikan manfaat kepada yang lainya. Amin Amin Ya robbal 'alamin
Tag : TRADISI JAWA
Back To Top