Cara Merawat Cucak Ijo Agar Menjadi Juara Kontes

Advertisement

Cara Membuat Cucak Ijo Menang Di Kontes

Cucak ijo adalah burung dengan karakter yang gagah. Cucak ijo ini selain gagah juga mempunyai suara yang indah,bisa membuat yang mendengarkan menjadi deg deg ser...hehehehe. Lebay ya....Memang cucak ijo akan mempunyai nilai jual tinggi,jika kita bisa membuat cucak ijo menang dalam suatu kontes. Tapi apakah cucak ijo lovers sudah tahu cara merawat cucak ijo agar menjadi juara kontesa? Kalau sudah,bagus,berarti anda memang panghobi burung. Dan yang belum tahu,sedikit saya mau kasih tips agar cucak ijo bisa menag dalam kontes. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


Cara Membuat Cucak Ijo Menang Di Kontes

1. Perawatan
Ini akan menjadi kunci keberhasilan dalam membuat cucak ijo menjadi juara kontes. Perawatanya mudah saja,berikut perawatan agar cucak ijo menang kontes :

  • Menjaga agar sangkar tetap bersih, tujuan dari menjaga kebersihan  sangakar adalah,sangkar yang bersih akan membuat mental dari si cucak ijo ini akan baik. Jika mental sudah terasah,maka cucak ijo akan menjadi lebih gacor lagi.
  • Penyemprotan pada pagi hari, ini bertujuan agar burung cucak ijo menjadi lebih segar,fresh dan tentunya membuat cucak ijo lebih bergairah. Selain kesegaran tubuh,memandikan ini juga dapat merangsang pertumbuhan bulu cucak ijo.
  • Penempatan di tempat yang teduh dan tenang, ini bertujuan membuat suasana cucak ijo menjadi tenang dan terhindar dari stres. Pilihlah teras yang teduh dan sejuk.
  • Pemberian menu makanan yang bergizi, pemberian makanan yang bergizi ini akan membuat cucak ijo lebih kebal daya tahan tubuhnya. Selain itu dapat merangsang pembentukan syaraf suara si cucak ijo.
2. Pemasteran
Burung yang mempunyai suara tercipta karena sering dolah dan dilatih suaranya. Cara melatihnya gampang,ambil cucak ijo yang sudah jadi,lalu dekatkan. Proses ini akan membuat cucak ijo merekam apa yang ia dengarkan. Semakin bagus suara pembanding,semakin bagus pula hasilnya. Jika kita tidak punya burung sebagi pemasternya,kita bisa menggunakan mp3 atau alat elektronik yang lain,yang tujuanya sama,yaitu memperkenalkan cucak ijo dengan suara yang jos.

3. Proses isolasi
Proses ini harus kita lakukan agar cucak ijo tidak stres dalam menghadapi kontes. Biasanya 1-2 hari sebelum kontes,cucak ijo ini diisolasi agar suasana mentalnya jadi bagus dan dapat maksimal mengeluarkan suara saat kontes.

Nah itu sedikit tips dari saya,mungkin ada kurang dan lebihnya,saya mohon maaf. Buat menambah ilmu tentang burung,sobat cucak ijo lovers bisa baca Faster86.Com
Back To Top