Cara Merawat Burung Kacer Sebelum Dan Sesudah Kontes - Mudah Dan Tidak Ribet

Advertisement
Perawatan burung kacer agar menang kontes

Mempunyai burung kacer yang menang dalam kontes memang menjadi idaman bagi setiap sobat kicaumania dimana saja. Berbagai cara dilakukan agar burung kesayanganya mennag,mulai dari pelatihan ekstra,pemberian extra fooding hingga pemrosesan isolasi si burung tersebut. Memang kalau burung kacer bisa menjadi juara,otomatis harga dari burung kacer tersebut akan membumbung tinggi. Tapi sobat kicaumania sudah tahu belum apa saja persiapan yang dilakukan agar si kacer ini bisa menang kontes? Kalau belum,saya mau berbagi sedikit tips cara perawatan kacer sebelum dan sesudah kontes :

Sebelum Kontes
Untuk perawatan sebelum kontes adalah sebagai berikut :

  1. Pada H-6 (seminggu) sebelum lomba, kacer sebaiknya diisolasi/dikarantina agar tidak mendengar suara burung kacer lain. Tujuannya adalah agar kacer merasa tenang dan fokus.
  2. Pada H-3 sebelum lomba, berikan extra food berupa jangkrik sebanyak 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor lagi di sore hari.
  3. Pada H-2 sebelum lomba, penjemuran kacer dilakukan selama 30 menit saja dan jangan lebih. 
  4. Pada H-1 sebelum lomba, mandikan kacer di malam hari selama satu jam (19.00-20.00) setelah itu dikrodong.
  5. Pada saat sebelum lomba (1 jam sebelum lomba) berikan jangkrik sebanyak 3-5 ekor dan juga ulat hongkong sebanyak 6-15 ekor, disesuaikan dengan nafsu makan kacer. 

Nah langkah - langkah diatas adalah persiapan untuk kacer agar menang dalam kontes, tentu mudah bukan. Nah setelah persiapan ok,selanjutnya adalah perawatan setelah burung kacer anda selesai kontes. 

Setelah Kontes
Nah perawatan setelah kontes ini sanagt diperlukan sekali untuk mengembalikan mental dan stamina si burung kacer. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Penjemuran kacer dilakukan selama 30 menit saja (sampai H+3 setelah lomba).
  2. Memberikan extra food (EF) dengan porsi normal seperti biasanya, yaitu 2-3 ekor jangkrik di pagi dan sore hari.
  3. Sehari setelah lomba, anda bisa memberikan multivitamin pada kacer dengan cara mencampur di air minumnya.
Nah perawatan ini harus kita lakukan,agar si burung kacer kembali beraktifitas seperti  sebelum kontes. Selamat mencoba ya sobat kicaumania...


Back To Top