Cara Merawat Ayam Bangkok Hasil Pembibitan Atau Proses Penetasan

Advertisement

Cara menjadikan anak ayam bangkok menjadi bangkok juara

Ayam bangkok memang berasal dari indukan yang bagus. Banyak dari sobat jagoholic menetaskan sendiri ayam ayam bangkok kecil agar menjadi dewasa. Ayam bangkok yang bagus berasal dari berbagai proses dan tahapan. Jika sobat jagoholic punya uang yan lebih,beternak ayam bangkok memang bisa menghasilkan uang yang lebih pula. Berternak ayam bangkok/ merawat ayam bangkok hingga menjadi siap diadu memang membutuhkan proses yang tidak mudah. Butuh perjuangan dan perawatan yang sangat mendetail Ayam bangkok muda butuh penanganan khusus karena,ayam bangkok yang masih muda ini rentan dengan berbagai penyakit dan tentunya belum mempunyai daya tahan tubuh yang kuat. Sekilas memang kelihatanya mudah,tetapi banyak jagoholic yang kadang kurang memperhatikan beberapa aspek dalam merawat indukan ayam bangkok. Berikut cara merawat ayam bangkok muda hasil penetasan :

1. Proses pemisahan dari indukan
Proses ini harus segera dilakukan agar proses babon indukan bisa recovery lagi dan menghasilkan telur lagi. Anakan ayam bangkok tidak seperti ayam jawa atau sejnisnya. Anakan ayam bangkok ini harus ditangani ekstra khusus.

2. Buatlah kandang/ bok tempat anakan ayam bangkok nyaman dan hangat Nah ini harus dilakukan,mempunyai kandang/ bok tempat anakan ayam bangkok. Anakan ayam bangkok harus ditempatkan di tempat yang khusus,

Adpun kriteria dari bok anakan ayam bangkok adalah sebagai berikut :

  • Memiliki penerangan / sumber penghangat, ini harus wajib dan harus ada. Anakan ayam masih rentan dengan cuaca yang berubah-ubah,makanya penghangat harus kita nyalakan terus agar suhu tubuh anakan ayam bangkok lebih terjaga.
  • Kondisi kandang/ bok harus bersih, ini wajib ya sobat jagoholic. Sebab lingkungan yang bersih dari kandang ayam akan menghasilkan ayam bangko yang sehat pula. Kondisi anakan ayam memang masih rentan terkena penyakit,jadi untuk mencegah penyakit,kandang harus bersih.
  • Kandang harus kering, ini harus kita jaga terus agar kandang terbebas dari lembab dan becek. Bersihkanlah agar kandang tidak lembab. Beri merang atau serbuk gergaji agar anakan ayam bangkok merasa nyaman.
  • Sirkulasi udara harus lancar, ini harus kita ataur agar sirkulasi udara tetap baik. Sirkulasi udara yang baik akan membuat anakan ayam bangkok bernafas bebas.
3. Pemberian makanan/ nutrisi yang terbaik
Untuk menciptakan ayam bangkok dengn kualitas terbaik,proses pemberian makanan juga harus teratur dan bernutrisi baik pula. Pemberian nutrisi harus diatur sesuai dengan kebutuhan anakan ayam bangkok. Jangan sampai over dan jangan sampai lebih. Sesuai jam dan sesuai takaran adalah kunci dalam menjadikan anakan ayam bangkok menjadi lebih ok.

4. Pemberian vaksin kekebalan tubuh secara rutin
Ini harus dilakukan agar anakan ayam bangkok tetapa terjaga kestabilan daya tahan tubuh dari ancaman penyakit. Kita harus sering membaca baca artikel mengenaia vaksin dan apa saja yang berkaitan zat anti bodi anakan ayam bangkok ini. Takaran yang pas,nutrisi yang pas dan vaksin yang pas pula akan membentuk anakan ayam bangkok menjadi ayam bangkok yang berkualitas.

Nah demikian sobat jagoholic perawatan anakan ayam bangkok waktu masih muda hingga bisa menjadi ayam bangko dewasa dan siap berlaga di kejuaraan. Kunci dalam merawat anakan ayam bangkok ini adalah teliti,rajin,dan harus sering membaca. Selamat mencoba.
Back To Top