Cara Merawat Ayam Aduan Saat Musim Hujan Dengan Mudah

Advertisement

Cara Merawat Ayam Saat Musim Hujan

Musim hujan udah menghampiri sebagian wilayah Indonesia,nah itu bagian dari perjalanan musim. Lalu apa hubunganya dengan ayam bangkok jagoholic. Jelas ada,saat musim hujan,terlebih saat musim peralihan dari musim panas ke musim hujan,banyak sekali ayam yang mengalami sakit atau dalam istilah bahasa jawa dinamakan gering. Ya ayam aduan,jika perawatanya tidak bagus dan tidak teliti bisa menyebabkan ayam aduan menjadi sakit dan hal yang tidak kita inginkan adalah mati. Nah tim faster86.com telah merangkum dari beberapa sumber mengenai tata cara perawatan ayam saat musim hujan. Berikut cara merawat saat musim hujan :

1. Bersihkan kandang
Kandang yang bersih akan membuat ayam terbebas dari bakteri yang sering muncul saat musim hujan. Bakteri ini berasal dari percampuran air hujan dan kotoran ayam. Nah kalau kandang ayam bangkok kita sering bersihkan,maka perkembangan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ayam akan sulit untuk berkembang. Bersihkanlah kandang ayam sehari sekali.


2. Jaga kebersihan ayam
Hal ini wajib dilakukan saat musim hujan. Cara membersihkanya dengan memandikan ayam. Tapi perlu diingat,saat memandikan ayam harus ada sinar matahari. Karena suhu udara pagi saat musim hujan sangat rendah. Jadi setelah memandikan harus segera di jemur di panas matahari.

3. Berilah kandang ayam dengan penghangat
Pemberian penghangat pada kandang ayam ini sangat berpengaruh sekali,karena suhu udara pada malam hari sangat dingin,maka untuk mengantisipasi suhu yang dingin ini,penghangat sangat diperlukan. Berilah lampu penerangan ( plenthong ) agar kandang ayam jadi hangat.

4. Tutuplah kandang ayam 
Penutupan ini berfungsi untuk menghalau udara yang masuk ke kandang ayam. Udara memang boleh masuk,tetapi sewajarya saja,mengingat suhu udara malam hari terasa dingin sekali.

5. Ayam bangkok di umbar pada siang hari
Hal ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu tubuh si ayam bangkok. Mengumbarnya saat ada sinar matahari,karena sinar matahari pagi memberikan vitamin D buat si ayam aduan.

6. Pemberian multivitamin
Hal ini harus kita lakukan agar si ayam aduan menjadi lebih kebal dengan cuaca yang ekstrim seperti saat ini. Pemberian multivitamin ini harus rutin dan sesuai kebutuhan si ayam. 

7. Pemberian ramuan tradisional
Ramuan tradisional juga berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu tubuh ayam,misal jahe untuk menghangatkan tubuh ayam. 

8. Pemberian makanan yang bergizi
Pemberian nutrisi yang bagus akan membuat daya tahan tubuh ayam akan meningkat dan dapat mencegah kondisi ayam jadi ngedrop dan sakit.

Nah itu sobat jagoholic dalam merawat ayam bangkok saat misim hujan. Mudah kan,buat sobat jagoholic yang ingin melengkapi ilmu ayam,bisa baca FASTER86.COM
Back To Top